Jumat 24 Nov 2023 20:27 WIB

Yuk Kenalan dengan Yup, Aplikasi Penggabung X dan Threads

Yup mengintegrasikan beberapa fungsi yang sudah familiar bagi pengguna.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Yup sudah tersedia di iOS dan Android untuk diunduh.
Foto: App Store
Yup sudah tersedia di iOS dan Android untuk diunduh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Akuisisi X (sebelumnya Twitter) yang dilakukan oleh Elon Musk hampir menimbulkan gejolak di media sosial, dengan platform-platform baru bermunculan di mana-mana mencoba menarik pengguna untuk meninggalkan platform yang sekarang sudah dibangun. 

Memiliki lebih banyak pilihan selalu lebih baik. Tetapi jika Anda adalah salah satu pengguna yang terpaksa harus beralih antara Twitter, Threads, dan Bluesky karena tidak dapat memutuskan mana yang harus digunakan, kini ada jawabannya. 

Baca Juga

Sebuah aplikasi baru muncul dan mengklaim menawarkan pengalaman sosial “all-in-one” yang terdesentralisasi. Nama aplikasi itu adalah Yup. 

Dilansir The Indian Express, Jumat (24/11/2023), Yup pada dasarnya adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan cross-posting konten di berbagai platform (kebanyakan microblogging), menyediakan hub terpusat untuk membaca feed, mengikuti teman di berbagai layanan, dan melakukan cross-posting ke berbagai platform. Lima platform yang didukung saat ini, Farcaster, X, Bluesky, Lens, dan Threads, dengan platform seperti Mastodon dan Nostr juga akan disertakan. 

Yup mengintegrasikan beberapa fungsi yang sudah familiar bagi pengguna, seperti kemampuan meninggalkan komentar, tombol ‘suka’, dan tombol posting ulang. Ada juga dukungan untuk feed 'Untuk Anda' dan 'Mengikuti'. Selain itu, aplikasi ini mengumpulkan notifikasi dari platform yang terhubung, menyajikannya dalam feed terpadu.

Yang paling menarik adalah dukungan untuk Threads. Threads saat ini tidak menawarkan API yang tersedia untuk umum sehingga pengembang dapat menyambungkannya untuk menghubungkan platform ke aplikasi mereka. 

Yup memberi tahu TechCrunch bahwa aplikasi tersebut “secara informal menggunakan API internal” seperti yang dilakukan klien web Thread. Namun kepala Instagram Adam Mosseri telah mengumumkan bulan lalu bahwa Threads API resmi memang sedang dalam pengembangan. Ketika ini tiba, Yup mengatakan ia akan terhubung ke sana. 

Patchwork ini berarti Anda harus mematikan autentikasi dua faktor Instagram untuk masuk, meskipun hal ini tidak disarankan sama sekali. Yup memang awalnya gagal terhubung ke Threads untuk The Indian Express, tapi entah bagaimana berhasil melewati percobaan ketiga. Namun, dua percobaan pertama menyebabkan Instagram memberi tahu tentang “perangkat tidak dkenal” yang masuk. 

Inti dari krup Yup, menurut TechCrunch, adalah bahwa alat mereka akan memungkinkan orang biasa dan pembuat konten tidak hanya ke arus utama seperti Twitter atau X, tetapi juga ke protokol terdesentralisasi seperti Mastodon. Meskipun alat yang ada seperti Fedica mengizinkan beberapa pengeposan lintas platform di X, Mastodon, Bluesky, dan lainnya. Yup tampaknya memberikan jaringan yang lebih luas untuk juga mendukung Threads. 

Yup sudah tersedia di iOS dan Android untuk diunduh, jadi Anda bisa langsung mencobanya terlebih dahulu. Namun ada sedikit kendala, sepertinya ada semacam daftar tunggu yang harus dilalui pengguna sebelum dapat mengakses aplikasi sepenuhnya. 

Setelah proses penyiapan yang agak panjang yang melibatkan Anda masuk dan memberikan beberapa “persetujuan”, Anda akan dibawa ke halaman yang memungkinkan Anda menghubungkan berbagai aplikasi. Aplikasi gagal berkembang melampaui halaman koneksi ini, dengan tombol “Berikutnya” tidak responsif meskipun akun media sosial The Indian Express terhubung. “Anda (belum) masuk dalam daftar Yup yang diizinkan,” sebuah pesan di bagian atas halaman menyatakan, mungkin menjelaskan alasannya. 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement