Kamis 23 Nov 2023 13:00 WIB

Tumbuh Awan Secara Signifikan, BMKG Ingatkan Hujan Lebat dan Petir di Sejumlah Wilayah

Ada pertumbuhan awan signifikan terdapat di sebagian besar wilayah Indonesia.

BMKG mendeteksi pertumbuhan awan hujan signifikan di berbagai kota besar di Indonesia yang berpeluang memicu hujan lebat. (ilustrasi)
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
BMKG mendeteksi pertumbuhan awan hujan signifikan di berbagai kota besar di Indonesia yang berpeluang memicu hujan lebat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi pertumbuhan awan hujan signifikan di berbagai kota besar di Indonesia yang berpeluang memicu hujan lebat.

"Analisis citra satelit 24 jam yang lalu menunjukkan pertumbuhan awan signifikan terdapat di sebagian besar wilayah Indonesia," kata Prakirawan BMKG Shyndy Indah Pratiwi diikuti dalam jaringan di Jakarta, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan, pertumbuhan awan menyebar dari Sumatera, sebagian besar Kalimantan, Jawa bagian barat dan tengah, Sulawesi bagian tengah Barat dan Selatan, serta timur Indonesia terdapat di Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Situasi itu berpeluang menyebabkan hujan disertai kilat atau petir di Pulau Sumatera seperti di Kota Banda Aceh dan Tanjung Pinang. Potensi hujan dengan intensitas sedang berpeluang terjadi di Pekanbaru serta hujan berintensitas ringan di Medan.

BMKG mengimbau masyarakat di Pulau Sumatera untuk mewaspadai hujan disertai kilat di Kota Bengkulu, Palembang, dan Pangkalpinang. Hujan dengan intensitas lebat di Bandar Lampung, serta hujan berintensitas sedang di Jambi.

Pulau Jawa diperkirakan hujan dengan intensitas sedang di Bandung. Sedangkan Serang, Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta diprakirakan hujan ringan. Wilayah Bali dan Nusa Tenggara diprakirakan cerah berawan di Denpasar dan Kupang. Kota Mataram diprakirakan hujan dengan intensitas ringan.

Pulau Kalimantan berpeluang terjadi hujan disertai kilat di Pontianak dan Banjarmasin. Hujan dengan intensitas lebat di Samarinda. Palangkaraya dan Tanjung Selor diprakirakan hujan dengan intensitas ringan.

Masyarakat di Pulau Sulawesi diimbau untuk mewaspadai hujan petir di Gorontalo, hujan berintensitas sedang di Mamuju, dan hujan ringan di Kota Makassar. Untuk wilayah timur Indonesia secara umum diprakirakan hujan ringan di Kota Ternate, Manokwari, Jayapura dan Ambon.

Suhu udara di kota-kota besar di Indonesia berkisar antara 19 hingga 37 derajat Celcius dengan kelembaban udara berkisar antara 5 hingga 100 persen.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement