Senin 20 Nov 2023 19:38 WIB

Starship Meledak, Elon Musk Gelar Uji Terbang Ketiga Sebulan Lagi

SpaceX tetap menganggap misi IFT-2 berhasil meski Starship meledak di angkasa.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pesawat luar angkasa Starship milik SpaceX meledak sebelum mencapai target ketinggiannya.
Foto: REUTERS/Joe Skipper
Pesawat luar angkasa Starship milik SpaceX meledak sebelum mencapai target ketinggiannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---CEO SpaceX, Elon Musk, berencana untuk menggelar uji terbang ketiga untuk Starship dalam satu bulan ke depan. Kabar ini diungkapkan oleh Musk tak lama setelah Starship meledak dalam uji terbang kedua.

SpaceX baru saja menggelar uji terbang terintegrasi kedua (IFT-2) untuk Starship pada 18 November 2023. Starship sempat terlihat melesat ke angkasa dengan lancar sampai memasuki tahap hot staging.

Baca Juga

Hot staging merupakan tahap pemisahan antara pesawat luar angkasa Starship dengan roket peluncurnya, yaitu Super Heavy. Tak lama setelah proses hot staging terjadi, roket Super Heavy tampak meledak di angkasa.

Ledakan roket Super Heavy ini lalu disusul dengan ledakan pesawat luar angkasa Starship. Pesawat luar angkasa Starship meledak sebelum mencapai target ketinggiannya.

SpaceX tetap menganggap misi IFT-2 berhasil meski Starship meledak di angkasa, seperti dilansir CNN. Alasannya, SpaceX telah menyatakan bahwa tolak ukur keberhasilan dalam IFT-2 adalah membuat Starship melalui tahap hot staging.

Sebagai CEO, Musk juga tampak tidak membuang-buang waktu untuk terpaku pada ledakan Starship di uji terbang kedua. Musk mengungkapkan bahwa kini SpaceX telah mempersiapkan diri untuk menggelar uji terbang ketiga atau IFT-3.

Pada Senin (20/11/23), Musk mengungkapkan bahwa pihaknya telah menginspeksi landasan peluncuran Starship. Hasil inspeksi menunjukkan bahwa landasan peluncuran tersebut dalam kondisi yang sangat baik. Bahkan, pelat baja berpendingin air yang digunakan dalam uji terbang tidak membutuhkan perbaikan sama sekali dan siap untuk digunakan dalam misi selanjutnya.

"Selamat kepada tim SpaceX dan kontraktor yang telah merancang dan membangun sistem yang kuat ini dengan sangat cepat," tukas Musk melalui akun X pribadinya, seperti dikutip Republika pada Senin (20/11/23).

Melihat unggahan tersebut, seorang warganet bertanya kepada Musk mengenai kesiapan SpaceX secara teknis untuk menggelar IFT-3. Musk lalu menjawab bahwa perangkat Starship untuk uji terbang ketiga akan siap diterbangkan dalam waktu dekat. "Perangkat keras Starship Flight 3 akan siap untuk diterbangkan dalam 3-4 pekan ke depan," lanjut Musk.

Musk juga mengungkapkan bahwa saat ini SpaceX sudah memiliki tiga pesawat luar angkasa Starship yang sudah memasuki tahap produksi akhir. Ketiga pesawat ini bisa terlihat "terparkir" di area teluk tinggi, yang bisa dilihat oleh masyarakat dari jalan raya di dekat area peluncuran SpaceX. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement