Senin 20 Nov 2023 18:45 WIB

WhatsApp Luncurkan Chatbot Berteknologi AI, Bagaimana Cara Pakainya?

WhatsApp merilis fitur chatbot AI yang saat ini dalam pengujian beta.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
 WhatsApp meningkatkan pembaruannya dengan mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) ke dalam platformnya untuk menjadikan pengalaman pengguna lebih baik.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
WhatsApp meningkatkan pembaruannya dengan mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) ke dalam platformnya untuk menjadikan pengalaman pengguna lebih baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---WhatsApp meningkatkan pembaruannya dengan mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) ke dalam platformnya untuk menjadikan pengalaman pengguna lebih baik. Beberapa pekan yang lalu, platfrom menguji stiker yang dihasilkan AI, dan kini memperkenalkan fitur chatbot AI, yang saat ini sedang dalam pengujian beta WhatsApp membuat pengumuman AI yang menarik ini di Meta Connect 2023.

Dikutip dari Gizmochina, Senin (20/11/2023), dalam pembaruan WhatsApp terbaru (versi 2.23.24.26) yang tersedia melalui Program Beta Google Play, terdapat pintasan baru di tab Obrolan. Pengguna dapat menemukannya sebagai tombol di atas ikon obrolan baru. Pintasan ini membuat pengguna sangat mudah untuk beralih ke obrolan bertenaga AI tanpa harus membuka daftar kontak.

Baca Juga

 

Obrolan AI WhatsApp

Perubahan ini bertujuan untuk menjadikan penggunaan lebih lancar dan nyaman bagi pengguna, menghemat waktu dan tenaga ketika mereka ingin terlibat dalam percakapan yang dibantu AI dalam aplikasi. Saat ini, fitur tersedia untuk sekelompok penguji beta tertentu, namun diharapkan segera diluncurkan ke khalayak yang lebih luas.

Selain itu, WhatsApp juga sedang mengerjakan fitur beta menarik lainnya, seperti kode rahasia untuk mengakses obrolan terkunci dan opsi profil terpisah untuk membantu pengguna membedakan antara pekerjaan dan komunikasi pribadi. Pembaruan ini pasti akan membuat WhatsApp menjadi lebih serbaguna dan ramah pengguna di masa depan. 

Menurut laman Mint, sebagaimana diuraikan dalam laporan WABetaInfo, tombol yang terletak di atas ikon untuk memulai obrolan baru di tab Obrolan, memfasilitasi pembukaan obrolan bertenaga AI dengan cepat, meningkatkan kecepatan dan kenyamanan bagi pengguna.

Chatbot AI, yang digerakkan oleh Meta AI, pertama kali diperkenalkan oleh Mark Zuckerberg, CEO Meta, perusahaan induk WhatsApp, pada bulan September. Dia mengungkapkan bahwa perusahaan sedang menguji chatbot bertenaga AI untuk segmen tertentu di AS.

Pada rilis beta WhatsApp bulan September, chatbot AI diperkenalkan, tapi tersembunyi di dalam daftar kontak, sehingga menimbulkan kesulitan dalam menemukan dan memulai percakapan. Untuk menyederhanakan proses dan meningkatkan pengalaman pengguna, WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.24.26 kini menyertakan tombol kecil di layar beranda untuk akses cepat ke chatbot.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement