Senin 20 Nov 2023 18:35 WIB

Dipecat Sebagai CEO OpenAI, Begini Ungkapan Kekecewaan Sam Altman

Pemecatan Sam Altman pun tak ayal menimbulkan gejolak dalam perusahaan OpenAI.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Dewan OpenAI memecat Sam Altman dari posisi CEO.
Foto: EPA-EFE/JIM LO SCALZO
Dewan OpenAI memecat Sam Altman dari posisi CEO.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sam Altman dan Greg Brockman terkejut dan sedih dengan apa yang dilakukan dewan. Altman dan Brockman masih mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. 

Mantan CEO dan mantan presiden OpenAI telah menerbitkan postingan di X. Mereka berbagi perincian tentang apa yang mereka ketahui dan bagaimana mereka mengetahui mantan CEO tersebut dipecat. 

Baca Juga

Dilansir Engadget, Senin (20/11/2023), rupanya salah satu pendiri perusahaan dan kepala ilmuwan Ilya Sutskever mengundang Altman untuk pertemuan pada Jumat (17/11/2023) siang, yang kemudian dihadiri oleh seluruh dewan kecuali Brockman. Pada pertemuan itulah Altman mengetahui bahwa dia dipecat dan OpenAI akan mengumumkannya “segera”. 

Tak lama setelah itu, Sutskever dilaporkan mengundang Brockman ke konferensi Google Meet terpisah, di mana dia diberi tahu bahwa Altman telah dipecat dan dia dikeluarkan dari dewan. Namun, anggota dewan mengatakan kepadanya bahwa dia “sangat penting bagi perusahaan dan akan mempertahankan posisinya”.

Namun, Brockman akhirnya memilih untuk mengundurkan diri. Kedua mantan eksekutif OpenAI juga mengatakan bahwa seluruh tim manajemen perusahaan di luar CEO sementara Mira Murati baru mengetahui keputusan dewan tersebut setelah Altman dicopot dari jabatannya. 

“Jumlah dukungan yang diberikan sangat baik; terima kasih, tapi mohon jangan membuang-buang waktu untuk khawatir,” bunyi pernyataan bersama mereka. “Kami akan baik-baik saja. Hal-hal yang lebih besar akan segera terjadi,” ujar mereka. 

Meskipun perombakan OpenAI mungkin mengejutkan para pengamat, para karyawan dilaporkan sangat menyadari bahwa gejolak sedang terjadi di dalam organisasi. Menurut The Information, pemecatan Altman menyusul argumen internal mengenai apakah OpenAI mengembangkan teknologi kecerdasan buatan dengan cara yang aman. 

Selama pertemuan semua pihak setelah pemecatan Altman, karyawan bertanya kepada Sutskever apakah pemecatan CEO adalah “kudeta” atau “pengambilalihan yang memicu perselisihan”. Hal ini seperti menyiratkan bahwa beberapa personel bertanya-tanya apakah pimpinan organisasi tersebut memecat Altman karena dia terlalu cepat mengomersialkan teknologi OpenAI sehingga mengorbankan potensi masalah keamanan. 

Bloomberg mengatakan, Altman dan Sutskever adalah dua orang dalam organisasi yang paling banyak berselisih dalam hal kecepatan pengembangan dan komersialisasi perusahaan. Sutskever adalah salah satu dari dua karyawan yang memimpin tim di OpenAI yang berdedikasi untuk mencegah teknologinya menjadi jahat. Bloomberg melanjutkan, dia dan sekutunya di dalam perusahaan mungkin juga kecewa dengan Altman yang menggalang dana menggunakan nama OpenAI. 

Mantan CEO tersebut memiliki ambisi besar terhadap OpenAI, dan organisasi berita tersebut mengatakan bahwa dia ingin mendapatkan pendanaan senilai puluhan juta dolar dari dana kekayaan negara Timur Tengah untuk mengembangkan cip AI yang dapat bersaing dengan prosesor NVDIA.  

Jurnalis dan pembawa acara podcast Kara Swisher memposting informasi serupa di X. Dia mengatakan, para karyawan merasa bahwa “arah keuntungan perusahaan di bawah Altman dan kecepatan pengembangan” bertentangan dengan “sisi nirlaba yang didedikasikan untuk lebih banyak keselamatan dan kehati-hatian”.

Swisher juga mengatakan, dia mengharapkan lebih banyak lagi kepergian “orang-orang top” di OpenAI. Informasi kemudian melaporkan bahwa tiga peneliti senior telah meninggalkan perusahaan, yaitu, Jakub Pachocki, direktur penelitian OpenAI, Aleksander Madry yang memimpin tim yang mengevaluasi potensi risiko dari AI, dan Szymon Sidor yang telah bekerja di organisasi tersebut selama tujuh tahun.

Namun, kekhawatiran terhadap keamanan pengembangan kecerdasan buatan (AI) dalam organisasi ini tidak muncul dalam sekejap. OpenAI setelah bergulat dengan masalah ini sejak awal, dan itulah alasan sekelompok karyawan keluar pada tahun 2020 untuk membentuk perusahaan rintisan mereka sendiri yang dikenal sebagai Anthropic. 

Akan tetapi, investor tetap dibutakan oleh pemecatan Altman, Forbes melaporkan. Bahkan, Microsoft, yang berjanji untuk menginvestasikan 10 miliar dolar Amerika Serikat (AS) ke dalam organisasi tersebut selama beberapa tahun ke depan, dilaporkan mengetahui tentang pemecatannya satu menit sebelum pengumuman tersebut diumumkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement