Jumat 17 Nov 2023 16:03 WIB

Healing dengan Meditasi, Coba Cek 7 Aplikasi Ini

Meditasi kini bisa dilakukan lewat aplikasi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Meditasi kini bisa dilakukan dengan panduan aplikasi (Ilustrasi)
Foto: Google
Meditasi kini bisa dilakukan dengan panduan aplikasi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Meditasi kini bisa dilakukan lewat aplikasi. Anda bisa mengakses sejumlah aplikasi meditasi populer yang menawarkan beragam teknik dan pendekatan. Lewat aplikasi tersebut, Anda bisa menemukan meditasi yang paling cocok dengan kepribadian dan preferensi Anda.

Setidaknya ada tujuh aplikasi meditasi populer yang bisa Anda pilih. Dilansir SEA Mashable pada Jumat (17/11/2023), berikut ringkasan informasi dari masing-masing aplikasi:

Baca Juga

 

1. Balance

Aplikasi ini menyajikan meditasi dari berbagai tradisi seperti cinta kasih agama Buddha, teknik relaksasi dari yoga Hatha, Tantra, dan Kundalini. Memberikan program meditasi yang dipersonalisasi untuk mengurangi stres, meningkatkan tidur, fokus, dan suasana hati. Fitur utama yang dimiliki terdiri dari 10 keterampilan meditasi yang dapat dilatih dengan panduan, juga menawarkan meditasi untuk anak-anak. Balance menawarkan meditasi getaran untuk penyandang tunarungu. Gratis selama tahun pertama, kemudian langganan bulanan 11,99 dolar AS (sekitar Rp 185 ribu) atau tahunan 69,99 dolar AS (sekitar Rp 1 juta).

 

2. Calm

Instruktur meditasi memanfaatkan tradisi meditasi Zen, Mantra, dan Vipassana dengan fokus pada meditasi kesadaran. Fitur utama menawarkan meditasi harian, sesi tidur, relaksasi dengan musik dari selebriti, dan konten anak-anak. Fungsionalitas untuk pembaca layar, teks tertutup, dan deskripsi audio untuk beberapa konten video. Biaya langganan tahunan 69,99 dolar AS (sekitar Rp 1 juta) atau seumur hidup 399,99 dolar AS (sekitar Rp 6,1 juta).

 

3. Headspace

Menggabungkan teknik dari tradisi Buddha Burma dan Tibet dengan fokus pada pengembangan kasih sayang dan menenangkan diri. Fitur utama menawarkan koleksi beragam meditasi, mode bergerak, tidur, dan musik, serta konten khusus anak-anak. Menawarkan teks dan bantuan haptik untuk beberapa konten. Biaya langganan bulanan 12,99 dolar AS (sekitar Rp 201 ribu) atau tahunan 69,99 dolar AS (sekitar Rp 1 juta).

 

4. Healthy Minds Program

Berbasis pada empat pilar kesehatan mental: kesadaran, koneksi, wawasan, dan tujuan. Fitur utama menawarkan ratusan meditasi terpandu, pelajaran bergaya podcast, seri fondasi selama satu bulan, serta konten untuk orang tua dan anak-anak. Versi pelajaran berbasis teks tetapi tidak untuk meditasi terpandu. Biayanya gratis.

 

5. Insight Timer

Aplikasi ini menawarkan beragam teknik meditasi dari lebih dari 16 ribu guru, mencakup mindfulness, Buddhisme Zen, yoga Kundalini, doa, dan astrologi. Fitur utama menawarkan lebih dari 160 ribu meditasi terpandu dalam 44 bahasa, yoga, pernapasan, acara langsung, serta konten untuk anak-anak. Menawarkan teks untuk beberapa jalur meditasi. Biaya langganan tahunan 59,99 dolar AS (sekitar Rp 929 ribu).

 

6. Simple Habit

Menawarkan konten dari berbagai tradisi meditasi seperti Zen, mantra, transendental, Vipassana, dan Qigong. Fitur utama memiliki kategori meditasi, tidur, dan bergerak, serta sumber daya untuk anak-anak. Tidak memiliki fitur aksesibilitas. Biaya langganan bulanan 11,99 dolar AS (sekitar Rp 185 ribu), tahunan 89,99 dolar AS (sekitar Rp 1,3 juta), atau seumur hidup 299,99 dolar AS (sekitar Rp 4,6 juta).

 

7. Ten Percent Happier

Dikembangkan oleh Dan Harris dan dirancang untuk meditasi dengan praktik dari tradisi Vipassana, Zen, dan Tibet. Fitur utama menawarkan lebih dari 500 meditasi dari instruktur terkemuka, kursus, podcast, serta konten untuk anak-anak. Tersedia teks untuk hampir seluruh kontennya. Biaya langganan tahunan 99,99 dolar AS (sekitar Rp 1,5 juta) dengan pilihan tambahan untuk akses premium.

Semua aplikasi ini tersedia di Apple Store dan Google Play. Dengan beragam fitur dan pendekatan, setidaknya satu dari tujuh aplikasi ini mungkin sesuai dengan preferensi meditasi Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement