Kamis 16 Nov 2023 12:57 WIB

Akhirnya iMessage Hadir di Android, tapi...

Aplikasi iMessage saat ini masih dalam versi beta.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aplikasi iMessage akhirnya dapat diakses di ponsel Android, dengan syarat memiliki Nothing Phone (2). Ilustrasi
Foto: Digitalspy
Aplikasi iMessage akhirnya dapat diakses di ponsel Android, dengan syarat memiliki Nothing Phone (2). Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aplikasi iMessage akhirnya dapat diakses di ponsel Android, dengan syarat memiliki Nothing Phone (2). Perusahaan teknologi konsumen Inggris, Nothing, baru-baru ini mengumumkan aplikasi baru bernama Nothing Chats, yang memungkinkan pengguna Android mengirim teks dengan gelembung biru khas iMessage ke pengguna iPhone.

Aplikasi ini, awalnya hanya tersedia bagi pemilik Nothing Phone (2), akan diluncurkan dalam versi beta di Google Play Store pada 17 November 2023. "Aplikasi ini saat ini masih dalam versi beta, dan kami memilih untuk menjaga ketersediaannya lebih fokus demi memberikan pengalaman pengguna yang terbaik saat ini," kata juru bicara Nothing, dilansir Express, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga

Pada awalnya, aplikasi ini akan tersedia di AS, Kanada, Inggris, Uni Eropa, serta negara-negara Eropa lainnya seperti Norwegia dan Swiss. Nothing Phone (2) sendiri merupakan ponsel berkualitas dengan harga 579 pound (sekitar Rp 11,1 juta), dan Nothing Chats akan menjadi aplikasi gratis untuk para pembeli perangkat tersebut.

Namun, aplikasi ini juga akan kompatibel dengan ponsel Android lainnya, termasuk model sebelumnya, Nothing Phone (1), yang masih dijual seharga 399 pound (sekitar Rp 7,7 juta). Nothing, yang baru-baru ini mencapai dua juta penjualan produk, mengumumkan aplikasi Nothing Chats melalui video yang diunggah ke YouTube pada 14 November 2023.

CEO Nothing, Carl Pei, menyatakan kegembiraannya melalui gambar mini dengan gelembung berwarna biru bertuliskan “Maaf Tim” (CEO Apple Tim Cook). "Saya bekerja dengan asumsi bahwa Tim Cook akan menonton video ini, dan dia tidak akan senang dengan hal itu,” ujar Pei dengan bercanda.

Meskipun Apple dikenal menjadikan iMessage sebagai fitur eksklusif untuk pengguna perangkatnya, teknisnya, meretas iMessage ke Android tidak ilegal. Nothing bekerja sama dengan sebuah perusahaan rintisan di New York, Sunbird untuk mengembangkan teknologi ini.

Pengguna dapat masuk ke aplikasi Nothing Chats dengan nama pengguna ID Apple dan mulai mengirim dan menerima iMessages biru. Namun, ada kekhawatiran terkait keamanan. Apple bangga dengan enkripsi iMessage ujung ke ujung, sementara produk Sunbird ini memerlukan penyimpanan pesan di server mereka sendiri yang bukan milik Apple.

Nothing Chats menawarkan berbagai fitur, termasuk dukungan untuk SMS, obrolan grup, pengaturan pesan langsung, berbagi foto dan video berkualitas penuh, catatan suara, tanda terima pesan, reaksi pesan, dan fitur "segera hadir".

Bagi mereka yang tidak memiliki Nothing Phone (2), alternatifnya adalah mendaftar ke daftar tunggu aplikasi dan teknologi serupa dengan Sunbird, Beeper. Beeper merutekan semua pesan dari berbagai platform seperti SMS, WhatsApp, Telegram, LinkedIn, dan aplikasi obrolan utama lainnya ke dalam satu kotak masuk, termasuk dukungan untuk iMessage. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement