Rabu 15 Nov 2023 19:17 WIB

Siap-Siap, Sejumlah Wilayah Ini Berpotensi Hujan Lebat Kamis, Cek Kota Anda

Ada sejumlah wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai dengan kilat/petir dan angin kencang pada Kamis (16/11/23).   (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai dengan kilat/petir dan angin kencang pada Kamis (16/11/23). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai dengan kilat/petir dan angin kencang pada Kamis (16/11/23). Beberapa wilayah lain juga berpotensi mengalami hujan lebat yang bisa menyebabkan genangan atau banjir.

Melalui laman resmi mereka, Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa Bibit Siklon Tropis TD 17W terpantau di Samudra Pasifik utara Papua dengan kecepatan angin maksimum 20 Knot dan tekanan 1007 hPa. Sistem ini bergerak ke arah barat- barat laut dengan potensi untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori rendah. "Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) di Perairan Utara Papua dan Samudera Pasifik utara sistem," jelas BMKG melalui laman resminya, seperti dikutip oleh Republika pada Rabu (15/11/23)/

Baca Juga

Melalui Peringatan Dini Cuaca yang mereka rilis, BMKG juga menyatakan bahwa ada sejumlah wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat, yang dapat disertai dengan kilat/petir dan angin kencang pada Kamis. Berikut ini adalah wilayah-wilayah tersebut:

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Sumatera Barat

4. Riau

5. Kep Riau

6. Bengkulu

7. Jambi

8. Sumatera Selatan

9. Kep Bangka Belitung

10. Lampung

11. Banten

12. Jawa Barat

13. Jawa Tengah

14. Yogyakarta

15. Jawa Timur

16. Nusa Tenggara Timur

17. Kalimantan Barat

18. Kalimantan Tengah

19. Kalimantan Timur

20. Kalimantan Selatan

21. Sulawesi Utara

22. Sulawesi Tengah

23. Sulawesi Selatan

24. Papua

Selain itu, ada pula beberapa wilayah yang berpotensi mengalami hujan, yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada Kamis. Berikut ini adalah wilayah tersebut:

1. DKI Jakarta

2. Bali

3. Nusa Tenggara Barat

4. Kalimantan Utara

5. Sulawesi Tenggara

6. Maluku Utara

 

Di wilayah DKI Jakarta, BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Kamis malam. Peringatan yang sama juga diberikan untuk wilayah Kepulauan Seribu pada Kamis dini hari.

"(Untuk Banten) waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Lebak bagian Timur dan Utara, Kabupaten Tangerang bagian Selatan, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Pandeglang bagian Utara, dan Kabupaten Serang bagian Selatan," ujar BMKG.

Di Jawa Barat, BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang saat menjelang siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Karawang. Peringatan dini yang sama juga diberikan untuk Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Garut, Kabupaten Sumedang, Kabupaen dan Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, dan juga Kabupaten serta Kota Bandung.

Untuk Aceh, BMKG mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga dini hari di sejumlah wilayah. Wilayah tersebut antara lain, Aceh Tenggara, Nagan Raya, Aceh Selatan, Aceh Barat, Subulussalam, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Banda Aceh, Bireuen, Aceh Jaya, Langsa, Aceh Utara, Aceh Barat, Simeulue, Aceh Singkil, dan sekitarnya.

BMKG juga mengungkapkan bahwa Papua berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat menyebabkan genangan atau banjir di sejumlah wilayah. Wilayah tersebut mencakup Kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo, Yalimo, Mamberamo Tengah, Tolikara, Puncak Jaya, dan Kabupaten Puncak. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement