Rabu 15 Nov 2023 12:20 WIB

Bingung Cari Font Gratis yang Keren? Cek Dulu 3 Situs Web Ini

Banyak portal daring yang bisa digunakan untuk memperoleh font secara gratis.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google Font dapat menjadi pilihan situs web yang memberikan berbagai alternatif font menarik/ilustrasi
Foto: Dailymail
Google Font dapat menjadi pilihan situs web yang memberikan berbagai alternatif font menarik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Jika Anda berharap untuk mempercantik pilihan font Anda saat ini pada program komputer seperti Microsoft Word, Adobe Photoshop, dan sejenisnya, Anda tidak perlu berbelanja secara royal pada paket font yang mahal. Banyak portal daring yang memungkinkan Anda mengunduh dan menggunakan font secara gratis. 

Berikut ini adalah tiga situs web untuk menemukan dan mengunduh font gratis, Dilansir Slashgear, Rabu (15/11/2023). 

Baca Juga

 

1.Google Font

Antarmuka platform ini bersih dan ramah pengguna, dengan panel samping (Anda dapat menyembunyikannya saat tidak diperlukan) yang memiliki ruang di mana Anda dapat mengetik sesuatu memilih ukuran font, dan melihat seperti apa masukan Anda pada font yang tersedia untuk diunduh.

Anda dapat memfilter pilihan berdasarkan bahasa, gaya guratan dekoratif, dan karakteristik font lain yang diinginkan. Di bagian atas halaman, Anda dapat mengurutkan font menurut yang populer atau baru. 

Hingga saat ini, ada lebih dari 1.500 jenis font yang tersedia di Google Font, dan semuanya merupakan sumber terbuka dan tersedia tanpa biaya. Semua file dapat digunakan secara komersial dan dapat disertakan dalam logo, situs web, aplikasi, eBook, dan permukaan lain apa pun yang dapat Anda gunakan untuk memasang tipografi. 

 

2. Font Squirrel

Font Squirrel menghadirkan tipografi hasil kurasi yang semuanya telah disetujui untuk grafik komersial gratis dan penggunaan dokumen. Melalui panel samping, Anda dapat dengan cepat menemukan font menurut berbagai klasifikasi dan gaya atau melihat salah satu daftar font yang diurutkan berdasarkan kebaruan atau popularitas.

Setiap entri font diberi tag dengan jelas sesuai dengan lisensi yang tersedia. Selain penggunaan komersial gratis, yang seharusnya dimiliki oleh semua font di situs, tipografi tertentu dapat disematkan di situs web Anda melalui CSS, diterapkan pada eBook atau dokumen portabel, atau digunakan dalam aplikasi dan perangkat lunak. 

Saat Anda memilih font dan membuka halamannya, Anda akan dapat melihat contoh font yang digunakan, beserta informasi relevan mengenai pembuatannya. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa tab Spesimen untuk sampel lebih lanjut, gunakan Test Drive untuk mengetik frasa Anda sendiri, periksa Glyphs untuk simbol yang tersedia, dan baca halaman Lisensi untuk memastikan Anda menggunakan font dengan benar.

Fitur yang sangat keren yang disertakan dalam Font Squirrel adalah Font Identifier. Jika Anda melihat sesuatu yang memiliki font yang Anda suka gayanya, simpan gambar atau ambil tangkapan layar dan unggah ke alat Font Identifier. Alat tersebut akan mencoba mengenali font pada gambar dan menampilkan font dari koleksi Font Squirrel yang mungkin cocok dengan itu. 

 

3. 1001 Fonts

1001 Fonts memiliki lebih dari 30.000 opsi untuk dipertimbangkan. Anda dapat menentukan gaya font, jenis, atau karakteristik lainnya dari beberapa opsi tag tepat di atas daftar font atau klik Kategori Font di bagian atas halaman dan pilih salah satu yang Anda sukai untuk menyempurnakan hasil pencarian dan menggunakan bidang teks untuk memasukkan frasa Anda sendiri untuk dijadikan sampel. 

Jika Anda melihat daftar font yang ditandai dengan tag dolar merah, itu berarti font tersebut hanya dimaksudkan untuk penggunaan pribadi. Sedangkan tipografi dengan label dolar hijau dapat digunakan untuk tujuan komersial secara gratis, yang dapat dapat berupa poster, grafik, web, grafik permainan, t-shirts, video, ebook, tanda, logi dan sejenisnya. 

Demi keamanan, Anda tetap harus membaca cetakan kecil pilihan font Anda untuk memastikan Anda tidak melanggar perjanjian lisensi terlampir. Klik pada font pilihan Anda dan gulir ke bagian bawah halaman. Tautan ke perjanjian lisensi yang lebih rinci harusnya ada di bagian Tentang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement