Jumat 10 Nov 2023 18:32 WIB

BRIN: Kacang Lokal Punya Potensi Sebagai Pengganti Kedelai Impor

Kacang lokal masih dinilai sebagai neglected crops,

Pekerja mempersiapkan kedelai untuk diolah menjadi tahu di kawasan Matraman, Jakarta, Sabtu (4/11/2023).  Produsen tahu mengatakan harga kedelai yang naik hingga menembus Rp13.200 per kilogram menyebabkan mereka harus mengurangi ukuran agar terhindar dari kerugian.
Foto:

Kemudian ciri dan keunggulan lain berupa benih bersifat ortodok, kandungan protein cukup tinggi, pemanfaatannya hingga kini masih terbatas, sebagai bahan substitusi kedelai untuk tempe, berpotensi sebagai bahan baku industri non pangan. Selain itu kandungan indeks glikemik umumnya rendah dengan kandungan serat tinggi serta sumber antioksidan.

 

“Indeks glikemik adalah indeks numerik untuk menunjukkan klasifikasi makanan sumber karbohidrat berdasarkan seberapa lambat atau cepat makanan tersebut dicerna dan meningkatkan kadar gula darah,” kata Didik.

 

Manfaat makanan dengan indeks glikemik rendah membantu menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol total, meningkatkan manajemen diabetes dengan mendukung kadar gula darah stabil, menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan pembuluh darah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement