Jumat 10 Nov 2023 11:41 WIB

Buat Video Keren dengan IPhone 15 Pro dan Vision Pro, Bagaimana Caranya?

Pengguna iPhone 15 Pro kini dapat merekam video spasial untuk Apple Vision Pro.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Pengguna iPhone 15 Pro kini dapat merekam video spasial untuk Apple Vision Pro berkat Pembaruan iOS 17.2 beta baru yang dirilis pada Kamis (9/11/2023).
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Pengguna iPhone 15 Pro kini dapat merekam video spasial untuk Apple Vision Pro berkat Pembaruan iOS 17.2 beta baru yang dirilis pada Kamis (9/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pengguna iPhone 15 Pro kini dapat merekam video spasial untuk Apple Vision Pro berkat Pembaruan iOS 17.2 beta baru yang dirilis pada Kamis (9/11/2023). Fitur ini pada akhirnya akan tersedia untuk semua pengguna iPhone 15 Pro setelah iOS 17.2 keluar dari versi beta. 

Dilansir ZDNET, Jumat (10/11/2023), untuk merekam video spasial di iPhone 15 Pro, pengguna dapat mengakses aplikasi Pengaturan di ponsel mereka, memilih Kamera, dan mengaktifkan Video Spasial untuk Apple Vision Pro untuk mengaktifkannya. Saat aplikasi Kamera dibuka lagi, opsi “Spasial” akan muncul saat kamera disetel ke Video.  

Baca Juga

Menurut aplikasi Pengaturan pada pembaruan iOS 17.2 beta terbaru, video spasial yang direkam pada iPhone 15 Pro dilakukan pada kecepatan 30 fps dan resolusi 1080p, dan satu menit video spasial membutuhkan penyimpanan sekitar 130MB. 

Video spasial memiliki enam derajat kebebasan (6DoF), sebuah teknologi yang menciptakan pengalaman mendalam yang terasa serupa dengan cara kita bergerak di dunia nyata saat video direkam dan kemudian dialami ke segala arah. Hal ini mencakup penangkapan sumbu vertikal, lateral, dan longitudinal (sumbu tiga dimensi), serta rotasi pada masing-masing sumbu. 

Video dengan 6DoF membuat teknologi VR terasa natural dan realistis saat pengguna menavigasi ruang virtual. 

Meski terdengar menarik, pengguna iPhone 15 Pro tidak akan dapat sepenuhnya menikmati video spasial yang diambil selama beberapa waktu, karena headset Apple Vision Pro akan dirilis pada awal tahun 2024. 

Sebelumnya, video spasial memukau pemirsa selama Apple WWDC 2023 pada bulan Juni ketika Apple menunjukkan bagaimana perspektif video berubah seiring pergerakan penonton, menciptakan semacam efek stereo visual. Anda bisa mempertimbangkan untuk mereka video spasial liburan keluarga di iPhone 15 Pro dan dapat menghidupkan kembali pengalaman tersebut berbulan-bulan atau bertahun-tahun kemudian melalui Apple Vision Pro, seolah-olah Anda kembali ke momen pengambilan gambar. 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement