Kamis 09 Nov 2023 05:48 WIB

Buat ChatGPT Versi Sendiri? Ini Caranya Menurut OpenAI

GPT akan tersedia bagi pengguna berbayar ChatGPT Plus.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
OpenAI, perusahaan pembuat ChatGPT, merilis platform untuk membuat ChatGPT versi pengguna tanpa memerlukan pengkodean.
Foto: www.freepik.com
OpenAI, perusahaan pembuat ChatGPT, merilis platform untuk membuat ChatGPT versi pengguna tanpa memerlukan pengkodean.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan peluncuran ChatGPT tahun lalu, OpenAI memperkenalkan kepada dunia gagasan tentang chatbot kecerdasan buatan (AI) yang tampaknya dapat melakukan apa saja. Kini, perusahaan merilis platform untuk membuat ChatGPT versi pengguna tanpa memerlukan pengkodean.

Dalam beberapa pekan mendatang, agen AI yang disebut GPT, akan dapat diakses melalui GPT Store. GPT akan tersedia bagi pengguna berbayar ChatGPT Plus dan pelanggan perusahaan OpenAI yang dapat membuat GPT khusus internal untuk karyawannya.

Baca Juga

Kabar rilisnya GPT khusus datang pada Senin di DevDay, konferensi pengembang OpenAI yang pertama di San Francisco. “Sejak peluncuran ChatGPT, orang-orang telah menanyakan cara untuk menyesuaikan ChatGPT agar sesuai dengan cara tertentu mereka menggunakannya,” kata perusahaan, dilansir The Verge, Kamis (9/11/2023).

Selama demo terbaru, sebuah bot bernama “Creative Writing Coach” mengkritik PDF sampel tulisan yang diunggah. Selama sekitar dua menit, GPT lain diputar untuk membantu peserta menavigasi DevDay. Platform tersebut secara otomatis menamai bot “Event Navigator”, membuat gambar profil untuk bot tersebut menggunakan DALL-E dan memasukkan lampiran PDF berisi jadwal acara untuk menginformasikan jawabannya.

Antarmuka OpenAI memungkinkan Anda memandu bagaimana Anda ingin GPT berinteraksi dengan orang lain sebelum Anda memublikasikannya. Agen Event Navigator DevDay selama demo diinstruksikan untuk membantu dan menghindari konflik penjadwalan. OpenAI membuat beberapa perintah pembuka percakapan secara otomatis, seperti “Sesi pertama apa hari ini?”

Setiap GPT dapat diberikan akses ke penjelajahan web, DALL-E, dan alat Penerjemah Kode OpenAI untuk menulis dan menjalankan perangkat lunak. Ada juga bagian “Knowledge” di antarmuka pembuat untuk mengunggah data khusus, seperti jadwal acara DevDay. Dengan fitur lain yang disebut Actions, OpenAI memungkinkan GPT terhubung ke layanan eksternal untuk mengakses data seperti email, database, dan lainnya, dimulai dengan Canva dan Zapier. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement