Rabu 08 Nov 2023 12:32 WIB

TikTok Wrapped, Apa dan Bagaimana Cara Mengaksesnya?

Pengguna bisa memperoleh statistik dan data TikTok dalam versi konten Wrapped.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Saat ini pengguna bisa mendapatkan semua statistik dan data TikTok dalam versi konten Wrapped alias rangkuman/ilustrasi.
Foto: AP Photo/Michael Dwyer
Saat ini pengguna bisa mendapatkan semua statistik dan data TikTok dalam versi konten Wrapped alias rangkuman/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengguna TikTok mungkin penasaran dengan informasi personalnya terkait akses aplikasi tersebut. Misalnya saja, berapa jam waktu yang sudah dia habiskan menyimak konten di TikTok, berapa banyak video yang telah ditonton, dan lainnya.

Pada 2021, TikTok pernah membuat versi rangkuman informasi demikian, dengan nama "Year on TikTok". Namun, fitur itu tidak dihadirkan lagi sejak 2022. Kini, situs web pihak ketiga menawarkan pengukuran dan penyusunan informasi penggunaan TikTok.

Baca Juga

Dikutip dari laman Mashable, Rabu (8/11/2023), pengguna bisa mendapatkan semua statistik dan data TikTok dalam versi konten "Wrapped" alias rangkuman. Caranya, dengan membuka Wrapped for TikTok, situs web yang menawarkan informasi yang dipersonalisasi itu.

Setelah masuk ke situs Wrapped for TikTok, terdapat dua opsi, yakni "Buka TikTok dan minta ekspor data" serta "Saya sudah memiliki ekspor data TikTok". Bagi pengguna yang baru akan mengakses TikTok Wrapped, bisa memilih opsi yang pertama.

Artinya, pengguna harus mengunduh data TikTok terlebih dahulu. Setelah mengeklik opsi pertama tadi, pengguna akan langsung diarahkan ke aplikasi TikTok. Langkah berikutnya adakah mengetuk tombol "Profil" di bagian kanan bawah.

Selanjutnya, ketuk tombol "Menu" atau tiga garis di bagian kanan atas, kemudian buka "Pengaturan dan Privasi". Ketuk tombol "Kelola Akun", di mana pengguna akan melihat opsi "Unduh Data Anda". Setelah itu, ikuti petunjuk untuk mengunduh data.

Dari sana, mungkin diperlukan waktu hingga beberapa hari untuk menyiapkan file, menurut TikTok. Setelah file disiapkan, pengguna memiliki waktu hingga empat hari untuk melakukan download data. Untuk mengakses file, kembali ke "Kelola Akun", dan unduh data. Setelah itu, pengguna dapat kembali ke situs Wrapped for TikTok guna membuat rangkuman informasi yang dipersonalisasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement