Rabu 08 Nov 2023 05:58 WIB

Google Wallet, Apa dan Bagaimana Cara Pakainya?

Lakukan dari aplikasi Google Wallet di ponsel cerdas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Waktu terbaik untuk menghapus metode pembayaran dari Google Wallet adalah jika metode pembayaran tersebut tidak lagi valid.
Waktu terbaik untuk menghapus metode pembayaran dari Google Wallet adalah jika metode pembayaran tersebut tidak lagi valid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Menggunakan metode pembayaran melalui layanan seperti Google Wallet, telah memberikan kemudahan baru bagi bisnis modern dan pelanggan. Dibandingkan pembayaran tunai, metode nontunai hanya tinggal memanfaatkan ponsel cerdas, jam tangan pintar, untuk membayar hampir semua hal.

Jika sedang perlu mengedit Google Wallet, pengguna dapat melakukannya dari kenyamanan ponsel cerdas yang kompatibel.

Baca Juga

Kapan sebaiknya Anda menghapus metode pembayaran? Waktu terbaik untuk menghapus metode pembayaran dari Google Wallet adalah jika metode pembayaran tersebut tidak lagi valid. Jika kartu tersebut adalah kartu kredit atau kartu debit yang sudah habis masa berlakunya, membiarkannya di Google Wallet hanya akan membuat Anda merasa malu saat mencoba membayar sesuatu dengan kartu tersebut. Berikut cara-caranya, seperti dilansir dari Slash Gear, Rabu (8/11/2023).

 

Cara menghapus metode pembayaran

Lakukan dari aplikasi Google Wallet di ponsel cerdas. Karena Google Wallet dan Google Pay adalah layanan Google, artinya keduanya hanya kompatibel dengan perangkat Android, bukan perangkat Apple, sehingga tidak dapat menggunakan aplikasi tersebut di iPhone.

 

Buka aplikasi Google Wallet

Gulir ke seluruh metode pembayaran yang tersimpan hingga Anda menemukan metode yang ingin Anda hapus

Ketuk metode pembayaran

Pada halaman metode pembayaran, gulir ke bawah

Ketuk Hapus metode pembayaran

Konfirmasikan pilihan Anda

Segera setelah Anda mengonfirmasi penghapusan, metode pembayaran akan hilang sepenuhnya, jadi pastikan Anda memilih metode yang tepat. Anda masih dapat menambahkan kembali metode pembayaran jika terjadi penghapusan yang tidak disengaja, namun Anda harus melalui seluruh proses pendaftaran lagi.

 

Cara mengedit metode pembayaran

Daripada menghapus seluruh metode pembayaran dari Google Wallet dan menambahkan versi terbaru secara terpisah, Anda dapat mengedit metode pembayaran untuk memperbaruinya dengan informasi yang benar. Selama akun pembayarannya sama, seperti kartu kredit yang diterbitkan ulang atas nama Anda, edit saja sudah cukup.

 

Buka situs web Google Pay dan masuk ke akun Google Anda

Klik tombol menu di kiri atas

Klik Metode pembayaran. Anda mungkin perlu menyelesaikan pemeriksaan verifikasi akun singkat

Klik metode pembayaran yang ingin Anda perbarui

Klik Sunting

Untuk memperbarui tanggal kedaluwarsa atau CVC, klik Perbaiki. Di menu ini, pengguna dapat memperbarui nama terkait metode pembayaran, tanggal kedaluwarsa, CVC, atau data pribadi terkait lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement