Selasa 07 Nov 2023 15:43 WIB

Tiktok Akhiri Program Subsidi Kreator Senilai Rp 31,2 Triliun

Dana kreator sedianya untuk mendukung pembuat konten mencari peluang di Tiktok.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Seseorang melakukan live streaming melalui aplikasi Tiktok.
Foto:

“Seiring dengan hal itu, kami terus mengembangkan cara-cara baru untuk memberikan penghargaan kepada kreator dan memperkaya pengalaman TikTok, kami menghargai masukan dan wawasan langsung dari komunitas kami untuk membantu menginformasikan keputusan kami,” ujar dia lagi.

Berita ini muncul hanya beberapa bulan setelah TikTok meluncurkan Program Kreativitas, yang berupaya menyelesaikan keluhan awal beberapa pembuat konten tentang dana tersebut.

Untuk mengajukan permohonan Dana Kreativitas, yang tampaknya masih dalam versi beta, pembuat konten harus berdomisili di AS dan berusia di atas 18 tahun, serta harus memiliki lebih dari 10 ribu pengikut dan setidaknya 100 ribu penayangan video dalam 30 hari terakhir.

Belum jelas apakah TikTok berencana memasukkan kreator global ke dalam program monetisasi yang berbeda. Dalam postingan blog tentang Program Kreativitas pada Februari 2023, TikTok mengatakan para pembuat konten dapat mendapatkan hingga 20 kali lipat dari jumlah yang sebelumnya ditawarkan oleh Dana Pembuat Konten.

Video yang memenuhi syarat untuk program ini harus berdurasi lebih dari satu menit dan memperoleh setidaknya 1.000 penayangan, serta harus mematuhi pedoman komunitas platform dan kriteria lainnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement