Selasa 07 Nov 2023 13:39 WIB

10 Cara Perbaiki Sinyal Ponsel

Melepaskan casing ponsel bisa menjadi salah satu cara memperbaiki sinyal melemah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kehilangan sinyal ponsel ketika bepergian juga menyulitkan, apalagi jika sedang butuh navigasi atau menunggu panggilan penting./  Ilustrasi
Foto: Foto : MgRol_93
Kehilangan sinyal ponsel ketika bepergian juga menyulitkan, apalagi jika sedang butuh navigasi atau menunggu panggilan penting./ Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sinyal ponsel mungkin bukan masalah berarti bagi warga perkotaan. Namun, bagi yang sedang bertandang ke daerah terpencil, sinyal ponsel mungkin melemah. Cuaca buruk juga termasuk penyebabnya, selain gangguan layanan yang tidak dapat dihindari.

Kehilangan sinyal ponsel ketika bepergian juga menyulitkan, apalagi jika sedang butuh navigasi atau menunggu panggilan penting. Untuk menghindarinya, berikut 10 cara untuk meningkatkan sinyal ponsel, dikutip dari laman CNET, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga

1. Cari posisi terbaik

Pastikan tidak ada penghalang antara ponsel dan menara seluler. Dalam beberapa kesempatan, seseorang mungkin harus mencari posisi terbaik, seperti menjauh dari benda logam atau dinding beton, yang keduanya berpotensi mematikan penerimaan sinyal. 

 

2. Lepaskan casing ponsel

Melepaskan casing ponsel bisa menjadi salah satu cara memperbaiki sinyal yang melemah. Tidak ada salahnya melakukan ini, apalagi jika casing ponsel yang dipakai cukup tebal. Gunanya, agar ponsel tidak terhalang oleh apa pun dan bisa mendapat sinyal yang lebih baik.

 

3. Pastikan ponsel sudah terisi daya

Jika baterai sudah terpantau rendah, jangan dibiarkan. Segeralah isi daya ponsel. Sebab, daya baterai ponsel yang hampir habis membuatnya kesulitan mendapatkan layanan yang baik. Usaha perangkat mencari sinyal yang lebih kuat juga akan lebih cepat menghabiskan daya.

 

4. Aktifkan dan nonaktifkan mode pesawat

Mematikan dan menghidupkan kembali koneksi ponsel adalah cara lain untuk mencoba mengatasi masalah sinyal. Jika pindah dari satu lokasi ke lokasi lain, aktifkan mode pesawat lalu nonaktifkan kembali, untuk memulai ulang modem Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan seluler.

 

5. Restart ponsel

Bisa dibilang, ponsel adalah komputer mini. Sama seperti komputer, terkadang cara memperbaiki masalah seperti koneksi jaringan bisa dilakukan dengan me-restart atau memulai ulang ponsel. Hal ini berlaku untuk ponsel iPhone maupun perangkat Android.

 

6. Keluarkan kartu SIM

Langkah pemecahan masalah lain yang mungkin membantu adalah mengeluarkan kartu SIM, kemudian memasangnya kembali. Periksa apakah kartu SIM kotor, rusak, atau posisinya tidak berada di tempatnya dengan benar. Jika ada kerusakan pada kartu SIM, pengguna mungkin perlu menggantinya.

 

7. Perbarui perangkat lunak

Memperbarui perangkat lunak secara berkala sesuai dengan rekomendasi yang ada di ponsel sangat penting. Jika memakai perangkat lunak yang tidak update, bisa jadi fungsi ponsel tidak maksimal, termasuk dalam penerimaan sinyal, konektivitas untuk panggilan, data, dan lainnya.

 

8. Setel ulang pengaturan jaringan ponsel

Menyetel ulang pengaturan jaringan ponsel adalah salah satu cara untuk memperbaiki sinyal. Namun, perlu diingat bahwa menyetel ulang setelan jaringan juga akan menyetel ulang kata sandi Wi-Fi yang disimpan, koneksi VPN, dan setelan APN khusus untuk operator.

 

9. Hubungi operator telepon

Terkadang, masalah sinyal yang tidak terduga dapat disebabkan oleh masalah pada operator nirkabel. Menara seluler mungkin mati, atau kabel serat optik menara tersebut terputus. Jika itu terjadi, hubungi operator telepon yang akan menawarkan pemecahan masalah.

 

10. Coba penguat sinyal

Jika sudah melalui semua cara yang disarankan tapi masih kesulitan mempertahankan sinyal yang baik, coba penguat sinyal atau booster. Cara kerja booster yakni menerima sinyal seluler yang sama dengan yang digunakan operator, lalu memperkuatnya hingga cukup memberikan jangkauan di ruangan atau seluruh rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement