Senin 06 Nov 2023 06:35 WIB

Musim Hujan Datang, Ini Potensi Bencana yang Bakal Datang Menurut BMKG

Angin bertiup dari timur hingga selatan dengan kecepatan 10-35 kilometer per jam.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
BMKG mengimbau agar masyarakat mewaspadai angin kencang hingga puting beliung pada masa pancaroba.   (ilustrasi)
Foto: AP
BMKG mengimbau agar masyarakat mewaspadai angin kencang hingga puting beliung pada masa pancaroba. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengimbau agar masyarakat mewaspadai angin kencang hingga puting beliung pada masa pancaroba.

Secara umum prakiraan angin di permukaan masih didominasi angin yang bertiup dari timur hingga selatan dengan kecepatan 10-35 kilometer per jam. Sementara untuk potensi angin kencang terdapat di Sumatra Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa TImur.

Baca Juga

Untuk wilayah perairan Indonesia secara umum cukup kondusif. Namun, untuk tinggi gelombang di wilayah Indonesia yang berkisar antara 2,5-4 meter terdapat di Samudra Hindia Barat Daya Jawa Barat. Selain itu, udara di kota-kota besar Indonesia berkisar antara 18-36 derajat Celsius dengan kelembapan udara antara 40-100 persen.

Wilayah dengan tingkat kemudahan terbakar pada lapisan permukaan tanah dengan kategori sangat mudah terbakar terdapat di sebagian kecil wilayah di Sumatra bagian Selatan, beberapa pulau Jawa, sebagian kecil NTB, sebagian NTT, Sulawesi Tenggara, Maluku Tenggara, dan Papua bagian selatan

BMKG mengimbau bagi yang berada di wilayah tersebut agar menghindari aktivitas yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan.

“Kami ingatkan untuk selalu waspada akan adanya angin puting beliung, hujan es dan juga hujan lebat disertai angin kencang di periode peralihan akhir musim ini,” demikian dikutip dari laman Youtube BMKG, Senin (6/11/2023). 

Sedangkan untuk prakiraan cuaca pada Senin (6/11/2023), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah DKI Jakarta akan cerah berawan pada Senin pagi dan malam hari.

Berdasarkan data perkiraan cuaca yang diunggah BMKG melalui website resminya, terlihat seluruh wilayah DKI Jakarta yaitu Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu akan cerah berawan pada pagi hari.

Saat siang hari, wilayah DKI Jakarta diperkirakan akan berawan. Lalu memasuki malam hari, seluruh wilayah DKI Jakarta kembali diperkirakan cerah berawan.

Suhu udara pada hari ini di Jakarta berada pada kisaran minimum 23 derajat hingga 33 derajat Celsius di Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan.

Suhu 25 derajat hingga 34 derajat Celsius di seluruh wilayah DKI Jakarta yaitu Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Tingkat kelembapan udara berada pada kisaran 55-95 persen di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Lalu Jakarta Pusat dan Jakarta Utara berada di tingkat kelembapan 70-90 persen, sedangkan Kepulauan Seribu tingkat kelembapan udaranya berkisar 75-90 persen.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement