Senin 06 Nov 2023 11:32 WIB

Kiat Mudah Pakai ChatGPT Plus

Langganan ChatGPT Plus memberi Anda akses ke GPT-4.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Untuk menggunakan ChatGPT Plus, Anda memerlukan langganan Plus terlebih dahulu./ilustrasi
Foto: www.freepik.com
Untuk menggunakan ChatGPT Plus, Anda memerlukan langganan Plus terlebih dahulu./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Jika Anda baru saja mendaftar ke ChatGPT Plus, itu mudah digunakan meskipun memiliki banyak fitur yang perlu Anda pahami. Untuk menggunakan ChatGPT Plus, Anda memerlukan langganan Plus terlebih dahulu. 

Dilansir ZDNET, Senin (6/11/2023), Anda dapat masuk ke akun OpenAI Anda dan klik Tingkatkan di sudut kiri bahwa layar untuk meningkatan ke ChatGPT Plus. Navigasikan daftar isi di sebelah kiri halaman ini jika Anda mencari fitur tertentu. 

Baca Juga

 

Menggunakan GPT-4

Langganan ChatGPT Plus memberi Anda Akses ke GPT-4, yang merupakan model yang sama yang mendukung Bing AI Microsoft. GPT-4 adalah model OpenAI yang paling mumpuni dan juga merupakan model bahasa besar (LLM) terbesar yang tersedia secara luar. 

Pertama, masuk ke ChatGPT. Setelah Anda meningkatkan ke ChatGPT Plus, masuk ke akun OpenAI Anda seperti biasa. 

 

Kedua, pilih GPT-4. Pindahkan tombol ke GPT-4 di bagian atas jendela ChatGPT untuk beralih ke GPT-4. 

Jendela ChatGPT Plus akan terlihat sedikit berbeda dibandingkan ChatGPT gratis. Anda akan melihat tombol di bagian atas tempat Anda dapat memilih GPT-3.5, model di balik versi gratis chatbot AI, atau GPT-4. Yang pertama cepat dan biasa Anda gunakan dari ChatGPT, tetapi GPT-4 lebih menyeluruh dan akurat. 

 

Ketiga, mulai menanyakan GPT-4. Sekarang, mulailah bertanya. Anda dapat mencoba perintah yang berbeda untuk menguji kinerja GPT-4 dibandingkan GPT-3.5, atau memanfaatkan model yang lebih mampu untuk menulis kode atau memberikan beberapa teks untuk diringkas untuk Anda. 

 

Melampirkan gambar

ChatGPT Plus juga dapat memproses gambar di semua platform. Yaitu, web, iOS, dan Android. 

Caranya adalah pilih GPT-4. Unggahan gambar hanya tersedia dalam GPT-4, jadi Anda harus memilihnya untuk menambahkan gambar. 

 

Kedua, klik pada ikon gambar. Klik atau ketuk ikon gambar di dalam area teks. 

 

Ketiga, pilih gambar. Pilih gambar Anda dan tambahkan apa yang Anda ingin ChatGPT lakukan dengannya. Anda dapat memintanya untuk menuliskannya, mendeskripsikannya, atau memberi tahu Anda sesuatu tentangnya. 

 

Penjelajahan ChatGPT Plus dengan Bing 

Open AI baru-baru ini menghubungkan ChatGPT ke internet, lagi. Chatbot AI sebelumnya diberi akses internet, yang berlangsung selama sepekan. Kemampuan Telusuri dengan Bing dinonaktifkan pada bulan Juli setelah pengguna mengetahui bahwa mereka dapat mengakses paywalled content gratis dengan menggunakan ChatGPT. Kini ChatGPT sudah kembali daring. 

 

Berikut cara menggunakan fitur penelusuran: Pertama, klik Telusuri dengan Bing. Klik GPT-4 di bagian atas layar dan pilih Telusuri dengan Bing. 

 

Kedua, Jika Anda tidak melihat ‘Jelajahi dengan Bing’. Jika opsi ‘Jelajahi dengan Bing’ tidak muncul secara otomatis, ikuti langkah-langkah berikut: 

 

Buka Pengaturan Anda dan ketuk Pengaturan & Beta. 

Di dalam jendela popup, pilih fitur Beta. 

Jika ada opsi Telusuri dengan Bing (telah dihapus pada versi ChatGPT yang lebih baru), alihkan untuk mengaktifkannya. 

Tutup pop-up Pengaturan untuk kembali ke jendela ChatGPT. Klik GPT-4 di bagian atas layar dan pilih Telusuri dengan Bing. 

 

Menggunakan Advanced Data Analyst

Code Interpreter milik ChatGPT Plus diubah namanya menjadi Advanced Data Analyst beberapa pekan yang lalu. Advanced Data Analyst adalah Plugin OpenAI yang memungkinkan pengguna mengunggah file untuk dianalisis, membuat dan menafsirkan kode, analisis data, dan banyak lagi. 

 

Pertama, arahkan kursor ke GPT-4. Buka GPT-4 dan arahkan kursor ke sana (atau ketuk pada aplikasi seluler) untuk melihat opsi yang tersedia. 

 

Kedua, pilih Advanced Data Analyst. Pilih Advanced Data Analyst dari opsi di menu drop-down. 

 

Ketiga, mulailah menganalisis. Sekarang Anda dapat mulai menambahkan informasi, petunjuk, gambar, atau data lainnya. Klik tanda tambah di area teks untuk mengunggah file dari perangkat Anda. 

 

Meskipun sebelumnya dikenal sebagai Code Interpreter, Advanced Data Analyst dapat digunakan lebih dari sekadar pemrograman. Misalnya, Anda dapat mengunggah PDF agar ChatGPT memberi Anda ringkasan teks berukuran besar, memberikan file ZIP untuk menampilkan kontennya, dan bahkan dapat melakukan konversi gambar. 

 

Untuk memperoleh hasil maksimal, tersedia pula pilihan untuk menggunakan plugin. Saat ini plugin tersedia secara luas untuk pengguna ChatGPT  yang menjadi cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari langganan ChatGPT Plus. Berikut cara mengaktifkan dan menemukannya: 

Pertama, aktifkan Plugin. Buka Pengaturan Anda dan aktifkan Plugin di bawah fitur Beta. 

Kedua, arahkan kursor ke GPT-4. Buka GPT-4 di bagian atas jendela obrolan, dan pilih Plugin dari menu drop-down. 

Ketiga, cari atau telusuri plugin. Klik di Tengah layar Anda, yang bertuliskan “Tidak Ada Plugin yang Diaktifkan” untuk mengakses toko plugin.

Keempat, gunakan plugin ChatGPT. Plugin seperti kemampuan ekstra dalam ChatGPT, memberi Anda ke akses ke lebih dari sekadar pembuatan konten. Plugin memungkinkan Anda menjelajahi web, meringkas PDF, dan bahkan membuat rencana perjalanan dan reservasi. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement