Rabu 01 Nov 2023 02:41 WIB

Kreator Konten Aplikasi Ini tak Bisa Kena Bully, Mengapa?

Roposo diklaim sangat ketat mengkurasi konten dan komentar.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tiga konten kreator lokal hadir dalam acara peluncuran resmi Roposo - platform LIVE berbasis tren di Indonesia pada Senin (30/10). Untuk merayakan peluncurannya, Roposo mengadakan festival Feel the Vibe selama sepekan, mulai dari 30 Oktober – 5 November 2023 di Lotte Mall Jakarta, Kuningan. Lebih dari 100 konten kreator Roposo akan berpartisipasi di acara tersebut.
Foto: Dok Republika
Tiga konten kreator lokal hadir dalam acara peluncuran resmi Roposo - platform LIVE berbasis tren di Indonesia pada Senin (30/10). Untuk merayakan peluncurannya, Roposo mengadakan festival Feel the Vibe selama sepekan, mulai dari 30 Oktober – 5 November 2023 di Lotte Mall Jakarta, Kuningan. Lebih dari 100 konten kreator Roposo akan berpartisipasi di acara tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aplikasi Roposo, platform live video berbasis tren, resmi hadir di Indonesia. Live video dari para konten kreator ini dapat diihat ulang (rewatch) oleh pengguna platform.

Namun Roposo diklaim hadir berbeda dengan platform lain karena sangat ketat mengkurasi konten kreator dan juga komentar-komentar pengguna (user). Misalnya, platform akan otomatis menghapus komentar-komentar kasar, bernada SARA atau perundungan (bully).

Baca Juga

Bagi kreator, Roposo dianggap memberikan ekosistem yang nyaman dan mendukung agar konten kreator bisa menonjol, membangun merek, mendapatkan pengakuan dan bisa segera mendapatkan penghasilan (monetisasi) dengan mudah. Rachel Angela Lee, kreator yang telah membuat konten di bidang hiburan, komedi dan kuliner selama hampir 10 tahun, mengaku Roposo menjadi platform yang membuat ia nyaman dan aman sebagai kreator perempuan..

“Selain tidak kena bully, aku juga jadi lebih kreatif, komentarnya kan paling seperti kak bikin konten ini dong, konten itu dong,” kata dia dalam acara peluncuran Roposo di Jakarta, Senin (30/10/2023).

Sebagai seorang kreator koten berpengalaman, dia mengaku  merasakan langsung lingkungan nyaman dan positif di Roposo. Dikarenakan konten Roposo juga tersedia di platform lock screen, ini artinya bisa menjamin standar keamanan dan moderasi yang tinggi untuk memastikan bahwa konten, komentar dan lainnya aman untuk penonton dan situasi yang beragam. Bagi konten kreator, khususnya bagi pemula dan perempuan, rasa keamanan mampu mendorong lebih banyak ekspresi kreatif dan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi.

Iwan Manga, kreator seni mengatakan konten di Roposo juga dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu melalui filtrasi dan menciptakan lingkungan positif serta tidak bisa sembarangan jadi kreator.

Roposo juga menawarkan bimbingan (mentorship) kepada konten kreator, mulai dari bagaimana cara menampilkan diri hingga menghasilkan konten dengan performa terbaik berdasarkan data, preferensi penonton dan lainnya. 

Mansi Jain, Senior Vice President & GM Roposo, mengatakan konsumen digital mengatakan bahwa menghadirkan konten berkualitas dan pengalaman live menarik menjadi fokus Roposo. Ada pula top kategori yang menjadi tren di Roposo.

“Jadi konten yang dilihat itu premium, kita pastikan kurasi dan brand save dari lockscreen, kita tidak perkenankan kata-kata kasar jadi platfom ramah yang nyaman, termasuk untuk anak-anak, bisa saling sapa juga dengan kreator jadi dua arah,” kata Mansi. 

Sudah ada 200 lebih kreator yang melakukan streaming, 40 lebih pertunjukan live setiap hari yang menarik sekitar lebih dari satu juta penonton acara live setiap hari dan dua juta jam konten yang dikonsumsi/ditonton setiap bulan di platform ini.

Roposo telah menghadirkan fitur live pada lock screenpintar Glance dan aplikasi Roposo yang tersedia di Google Play Store & Apple App Store. Peluncuran Roposo menambah gairah pertumbuhan ekosistem konten kreator di Indonesia sekaligus memberikan nilai tambah bagi seluruh stakeholders. Merayakan peluncuran di Indonesia, Roposo menggelar acara ‘Feel The Vibe’ selama sepekan pada 30 Oktober–5 November 2023 di Lotte Mall Jakarta, Kuningan, Jakarta. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement