Selasa 31 Oct 2023 05:47 WIB

Peringatan Dini BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem, Fenomena Ini yang akan Terjadi

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 5 November 2023.

BMKG mengingatkan warga Sulawesi Utara mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi beberapa hari ke depan di wilayah kabupaten dan kota. /Ilustrasi
Foto: bmkg.go.id
BMKG mengingatkan warga Sulawesi Utara mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi beberapa hari ke depan di wilayah kabupaten dan kota. /Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO---Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga Sulawesi Utara mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi beberapa hari ke depan di wilayah kabupaten dan kota.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 5 November 2023 mendatang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Senin.

Baca Juga

Dia mengatakan, suhu muka laut (Sea Surface Temperature) atau SST dengan anomali +0,5 derajat Celsius hingga +2,9 derajat Celsius berada di Laut Sulawesi dan sekitarnya.

Selanjutnya, kondisi labilitas lokal kuat yang mendukung aktivitas konvektif dalam skala lokal terdapat di beberapa wilayah Sulawesi Utara. "Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga Iebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," ujarnya.

Potensi cuaca ekstrem diperkirakan mulai terjadi pada hari tanggal 2 November 2023 di wilayah Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Di hari berikutnya, berpotensi terjadi di wilayah Kota Tomohon Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Sementara di tanggal 4 November 2023 diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sedangkan di tanggal 5 Oktober 2023, cuaca ekstrem akan melanda wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement