Selasa 31 Oct 2023 02:02 WIB

Fitur Baru Instagram, Bisa Tambah Foto dan Video di Unggahan Teman

Ragam video atau foto dalam unggahan carousel bisa dilihat dengan menggeser layar.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Instagram saat ini sedang mengetes sejumlah fitur, termasuk sebuah fitur kolaboratif baru untuk para pengguna./ilustrasi
Foto: AP Photo/Jenny Kane
Instagram saat ini sedang mengetes sejumlah fitur, termasuk sebuah fitur kolaboratif baru untuk para pengguna./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Instagram saat ini sedang mengetes sejumlah fitur, termasuk sebuah fitur kolaboratif baru untuk para pengguna. Fitur baru ini memungkinkan teman-teman untuk menambahkan foto dan video ke dalam unggahan carousel yang dibuat oleh pengguna.

Seperti diketahui, carousel merupakan fitur di Instagram yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah lebih dari satu video atau foto dalam satu unggahan. Ragam video atau foto dalam unggahan carousel bisa dilihat dengan menggeser layar ke arah kiri. Untuk saat ini, beragam foto dan video yang muncul dalam carousel hanya bisa dipilih dan diunggah oleh pengguna.

Baca Juga

Akan tetapi, hal tersebut mungkin akan berubah setelah fitur terbaru dari Instagram dirilis. Fitur baru ini memungkinkan teman atau pengikut pengguna di Instagram untuk menambahkan foto dan video mereka ke dalam unggahan carousel yang dibuat oleh pengguna.

"Pemberitahuan tes baru. Kami baru saja mulai mengetes sebuah cara baru untuk mengundang teman-teman agar bergabung ke dalam unggahan feed kalian," jelas Head of Instagram, Adam Mosseri, dalam sebuah unggahan di Instagram Channel, seperti dilansir GadgetsNow pada Senin (30/10/23).

Untuk menggunakan fitur baru ini, pengguna bisa mengaktifkan izin agar teman atau pengikut mereka di Instagram bisa mengirim video atau foto untuk dimasukkan ke unggahan carousel pengguna. Setelah diaktifkan, tombol "add to post" akan muncul di sisi kiri bawah pada unggahan carousel yang dibuat oleh pengguna.

Semua video atau foto yang dikirimkan oleh teman tidak akan langsung muncul pada unggahan carousel pengguna. Pengguna harus menyeleksi dan menambahkan foto dan video kiriman dari teman secara manual sebelum foto dan video tersebut muncul di unggahan carousel yang mereka buat.

Fitur ini dinilai dapat sangat membantu dalam beragam situasi, termasuk saat ingin mengunggah foto-foto liburan bersama teman. Dengan fitur ini, setiap orang bisa saling berbagi foto dan video yang mereka ambil saat liburan dalam satu unggahan yang sama.

Selain fitur kolaborasi dalam unggahan carousel, Instagram juga sedang melakukan pengetesan terhadap beberapa fitur lain. Salah satunya adalah fitur untuk mengunggah video selfie dalam Notes.

"Dalam waktu dekat, orang-orang akan bisa memperbarui profil foto default mereka dalam Notes dengan sebuah video pendek berulang," ungkap Mossari.

Mossari menambahkan, unggahan video pendek pada Notes bisa disertai dengan tambahan teks. Mossari berharap para pengguna Instagram bisa memberikan saran dan penilaian terhadap fitur ini. "Bila Anda mulai melihat video-video di Notes, beritahu kami seperti apa pendapat Anda," ujar Mossari. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement