Ahad 29 Oct 2023 13:38 WIB

Tak Seperti Dibayangkan, Begini Penampakan Seram Putri Duyung di Dunia Nyata

Putri duyung Fiji merupakan kombinasi dari tiga spesies berbeda.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ilmuwan menghadirkan putri duyung Fiji yang terlihat aneh karena merupakan kombinasi tiga spesies yang berbeda dengan bayangan putri duyung yang cantik selama ini/ilustrasi
Foto:

Legenda Putri Duyung di Jepang

Di Jepang sendiri, beberapa legenda mengatakan putri duyung memberikan keabadian kepada siapa pun yang mencicipi dagingnya. Di salah satu kuil di Asakuchi, putri duyung Fiji sebenarnya dipuja meskipun kemudian ditemukan terbuat dari kain, kertas, dan kapas, dihiasi sisik ikan dan bulu binatang.

Namun di AS, putri duyung seperti itu merupakan hal yang aneh. "Putri Duyung Fiji adalah bagian dari koleksi dan tontonan di akhir tahun 1800-an. Kami telah mendengar beberapa cerita dari masyarakat," kata Fritz.

Beberapa orang ingat melihatnya dipajang di Memorial Hall, rumah dari masyarakat sejarah dari tahun 1926 hingga 1986. Seorang perempuan, yang ayahnya adalah seorang kurator pada tahun 1970-an, mengenang bahwa dia sangat ketakutan ketika dia mengunjungi ayahnya di tempat kerja.

Fritz menambahkan bahwa mumi tersebut kemungkinan berasal dari tahun 1870-an, ketika catatan menunjukkan donor asli pernah bertugas di Angkatan Laut AS.

Cress mengatakan CT scan akan memungkinkan mereka untuk memilih potongan artefak tersebut dan berharap dapat mengetahui apakah ada bagian dari artefak yang pernah menjadi hewan asli. “Dengan melakukan hal itu, kami mendapatkan lebih banyak data. Jadi kami melakukan itu pada seluruh bagian Putri Duyung Fiji ini, tidak hanya bagian kepala dan wajahnya, tapi juga bagian dada, dan ujung ekornya," ujarnya.

Data tersebut akan dikirim ke para ahli di Kebun Binatang Cincinnati dan Akuarium Newport untuk mengidentifikasi makhluk apa atau jika ada yang digabungkan untuk membentuk putri duyung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement