Ahad 29 Oct 2023 11:33 WIB

Harga Langganan Makin Mahal, Apakah Streaming Video Masih Layak Dilirik?

Dipicu kenaikan suku bunga, penyedia streaming mau tak mau harus menaikkan harga.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Biaya berlangganan video streaming kini makin mahal/ilustrasi
Foto: Dok. Disney+
Biaya berlangganan video streaming kini makin mahal/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Selama setahun terakhir, hampir semua layanan streaming besar telah menaikkan harganya secara signifikan. Apple TV+ menaikkan harga aslinya menjadi 10 dolar Amerika Serikat (AS) Atau sekitar Rp 159.107per bulan. 

Disney+ juga mematok kenaikan cukup besar menjadi 14 dolar AS per bulan atau sekitar Rp 222.749 untuk tingkat premium bebas iklan. Netflix kini berharga 23 dolar AS atau Rp 365.946 per bulan, sedangkan langganan standar tanpa iklan berharga 15,49 dolar AS atau sekitar Rp 246.456 per bulan. (Ada paket standar dengan iklan seharga 6,99 dolar AS atau sekitar Rp 111.215 per bulan, namun paket tersebut tidak mendukung pengunduhan offline dan juga tidak menyertakan beberapa konten).

Baca Juga

Dilansir Engadget, Ahad (29/10/2023), Netflix juga baru-baru ini menindak berbagi akun, yang berdampak baik terhadap pendapatan keseluruhan dan jumlah pelanggan, namun berimbas buruk bagi siapa pun yang ingin menghemat uang. Anda harus membayar tambahan 7,99 dolar AS atau sekitar Rp 127.126 per bulan untuk menambahkan lebih banyak slot anggota ke paket standar dan premium. 

Di masa lalu, kita mengenal TV kabel, di mana kita akhirnya menghabiskan banyak uang untuk ratusan saluran. Tapi jangan menjadi dramatis. Berlangganan ke Layanan streaming yang paling sering Anda gunakan masih jauh lebih murah dibandingkan menggunakan paket kabel biasa. 

Di suatu wilayah, paket Comcast yang paling populer dengan lebih dari 125 saluran terdaftar dengan harga 60 dolar AS atau sekitar Rp 954.642 per bulan, namun perusahaan menyembunyikan biaya jaringan siaran tambahan 27,80 dolar AS  atau sekitar Rp 442.317 dan biaya lisensi olahraga regional 13,40 dolar AS atau sekitar Rp 213.203. 

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, rata-rata konsumen perkotaan saat ini membelanjakan hampir enam kali lebih banyak untuk berlangganan televisi kabel dibandingkan ketika mereka mulai mengumpulkan data pada tahun 1983. Jelasnya, angka tersebut mencerminkan beberapa pelanggan menghabiskan lebih banyak uang untuk olahraga dan paket lainnya dibandingkan dengan yang lain. 

Namun tetap saja sangat luar biasa mengingat bahwa rata-rata tersebut jauh lebih tinggi dari rata-rata awal. Tiba-tiba, kenaikan harga Netflix menuju 25 dolar AS atau sekitar Rp 397.767 tampaknya tidak terlalu buruk— terutama karena pelanggan kabel juga harus berlangganan layanan streaming untuk melihat acara aslinya. 

Layanan streaming Netflix pada dasarnya merupakan sebuah eksperimen— Layanan ini dimasukkan ke dalam paket berlangganan yang sudah ada, dan Anda hanya dapat menonton hingga 18 jam sebulan. Saat Netflix meluncurkan langganan streaming mandiri pada tahun 2010, biayanya hanya sebesar 7,99 dolar AS atau sekitar Rp 127.126 per bulan— harga yang tetap berlaku hingga paket dasarnya melonjak satu dolar pada tahun 2019. Meskipun perusahaan tersebut memperkenalkan paket standar dan premium yang lebih mahal, paket masuknya selalu tampak seperti kesepakatan yang luar biasa. 

Seperti kebanyakan perusahaan rintisan pada tahun 2010-an, Netflix terus mengumpulkan banyak uang (sekitar 5 miliar dolar AS) tanpa menghasilkan keuntungan yang besar— atau setidaknya, tidak menghasilkan keuntungan sebesar puluhan miliar yang telah dikeluarkan perusahaan untuk konten asli selama dekade terakhir. Menarik pelanggan baru dan mempertahankan mereka jauh lebih penting bagi Netflix daripada menjadi bisnis yang berkelanjutan. Maka tidak terlalu mengherankan jika layanan lain seperti HBO Max, Disney+, dan Apple TV+ diluncurkan dengan harga murah bersaing dengan Netflix. 

Menurut Janko Roettgers, penulis buletin Lowpass, dan mantan reporter media dan teknologi di Variety, Netflix memiliki keunggulan dalam persaingan karena bisnis DVD lamanya dapat mendanai ambisi streamingnya. Perusahaan lain seperti Disney dan Warner Bros. harus memutuskan bagaimana streaming cocok dengan saluran TV dan studio film mereka yang ada. 

Roettgers di Engadget Podcast pekan ini mengatakan sekarang Netflix menghasilkan uang melalui streaming di seluruh dunia dan mereka mulai terjun ke dunia gim. “Jadi mereka cukup cepat dalam melakukan tindak lanjut. Dan jika Anda melihat beberapa perusahaan media lama ini, mereka masih memiliki jaringan linier. Dan jaringan tersebut menurun secara perlahan dan lambat, dan butuh waktu lama bagi mereka untuk mengetahuinya. Haruskah kita keluar dari sini? Berapa banyak yang bisa kita terus jalankan? Berapa banyak yang perlu kita matikan?” ujarnya. 

Ketika Netflix mengumumkan bahwa mereka benar-benar kehilangan pelanggan pada tahun 2022 hingga 200.000 pada kuartal pertama, diikuti oleh satu juta pengguna pada kuartal kedua — itu seperti bom nuklir yang meledak di industri streaming. Hal ini segera menyebabkan pengurangan pengeluaran di setiap layanan, yaitu pemutusan hubungan kerja yang meluas, pembatalan pertunjukan, dan lebih banyak strategi untuk menghasilkan uang. Tingkat Netflix yang didukung iklan diluncurkan pada akhir tahun itu, sementara penguncian berbagi akunnya dimulai pada bulan Mei ini. 

Dengan kenaikan suku bunga dan kekhawatiran investor terhadap perekonomian, menaikkan harga adalah langkah berikutnya yang tak terhindarkan bagi setiap penyedia streaming. Dan sayangnya tren tersebut tidak akan berbalik dalam waktu dekat. 

Boleh jadi kita hanya bisa berharap bahwa ancaman kehilangan pengguna dan tekanan persaingan akan membuat Netflix dan perusahaan lain tidak bisa mencapai level tertinggi dalam industri kabel. 

Namun jangan lupa, ada satu hal yang dapat Anda lakukan dengan layanan streaming yang jauh lebih sulit dilakukan dengan perusahaan televisi kabel, yakni Anda dapat membatalkan dan berlangganan dengan mudah secara daring. Anda tidak perlu menyisihkan waktu dan energi emosional untuk berurusan dengan perwakilan layanan pelanggan melalui telepon, atau meluangkan waktu di pagi hari untuk dikunjungi teknisi. Potensi ini terjadi pada setiap penyedia streaming. 

Jadi jika harga mereka terlalu tinggi, atau mereka tidak menyediakan konten yang cukup berharga untuk ditonton, tinggalkan saja. Namun, perlu diingat bahwa akses terhadap media saat ini lebih murah dibandingkan sebelumnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement