Jumat 27 Oct 2023 19:35 WIB

Mau Berakhir Pekan di Bandung? Cek Dulu Prediksi BMKG Ini

Hujan ringan akan menyambangi Kota Bandung pada Sabtu malam.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengindikasikan bahwa hujan ringan akan menyambangi Kota Bandung pada Sabtu malam.
Foto: Wikimedia
Prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengindikasikan bahwa hujan ringan akan menyambangi Kota Bandung pada Sabtu malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Bila ingin berakhir pekan di Bandung, sebaiknya Anda mempersiapkan payung bila ingin beraktivitas atau berjalan-jalan pada Sabtu (28/10/23) malam. Alasannya, prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengindikasikan bahwa hujan ringan akan menyambangi Kota Bandung pada Sabtu malam.

Dilansir dari situs bmkg.go.id pada Jumat (27/10/23), prakiraan cuaca di Bandung pada pagi dan siang hari adalah cerah berawan serta berawan. Memasuki malam hari, kota Bandung diperkirakan akan mengalami hujan ringan. Lalu pada malam hari, cuaca di kota Bandung diprediksi akan kembali berawan.

Baca Juga

Selain itu, prediksi suhu udara di kota Bandung pada Sabtu berkisar di antara 20-32 derajat Celsius. Sedangkan tingkat kelembapannya diprediksi berkisar di antara 50-95 persen.

Tak hanya kota Bandung, BMKG memprediksi hujan ringan juga akan melanda sejumlah wilayah di sekitaran Bandung. Menurut prakiraan cuaca BMKG, salah satu wilayah di sekitaran bandung yang akan dilanda hujan ringan pada Sabtu malam adalah kota Cimahi. Seperti halnya Bandung, cuaca Cimahi di pagi, siang, dan dini hari juga diprediksi akan cerah berawan serta berawan.

BMKG juga merilis prakiraan cuaca yang serupa untuk Sumedang dan Soreang. Pada pagi hari, cuaca di kedua wilayah ini diprediksi akan cerah berawan. Memasuki siang hari, kondisi cuaca di kedua wilayah ini diprediksi akan berawan.

Memasuki malam hari, hujan ringan diperkirakan akan melanda Sumedang dan Soreang. Kemudian pada dini hari, cuaca di kedua wilayah tersebut diprediksi akan kembali berawan.

Sama seperti Bandung, Cimahi, Sumedang, dan Soreang, wilayah Lembang di pagi hari juga diprediksi akan memiliki cuaca yang cerah berawan. Memasuki siang hari, cuaca kemungkinan akan menjadi berawan.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, Lembang pun akan mengalami hujan ringan pada malam hari dan kembali berawan pada dini hari. Prediksi suhu udara di Lembang pada Sabtu adalah 18-32 derajat Celsius.

Melalui laman resminya, BMKG juga memprediksi kemungkinan terjadinya hujan ringan di sejumlah wilayah di Jawa Barat. Hujan ringan ini diprediksi akan melanda wilayah-wilayah tersebut pada malam hari.

Sebagian dari wilayah di Jawa Barat yang kemungkinan akan mengalami hujan ringan pada Sabtu malam adalah Cianjur, Cipanas, Cisarua, dan Gadog. Beberapa wilayah lainnya adalah kota Bogor, Kuningan, Lembang, Majalengka, Pelabuhan Ratu, dan Kabupaten Sukabumi.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada skala lokal antara siang hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Sukabumi, dan Kab Cianjur," ujar BMKG melalui laman resminya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement