Jumat 27 Oct 2023 10:22 WIB

Jurnalis Aljazirah Beserta Keluarganya Gugur Terkena Serangan Udara Zionis Israel  

Zionis Israel masih melakukan serangan intensif di Jalur Gaza

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Kamp Nuseirat  di Jalur Gaza yang dibombardir Isael.  Zionis Israel masih melakukan serangan intensif di Jalur Gaza
Foto: AP Photo/Hatem Moussa
Kamp Nuseirat di Jalur Gaza yang dibombardir Isael. Zionis Israel masih melakukan serangan intensif di Jalur Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Keluarga reporter berita Aljazirah, Wael Al-Dahdouh, gugur dalam serangan udara Israel di Gaza. Istri Wael Al-Dahdouh, putra remaja dan juga putrinya, semuanya tewas di sebuah kamp pengungsi di 

Gaza tengah pada Rabu (25/10/2023) waktu setempat. Dilansir Saudi Gazette, Kamis (26/10/2023), keluarga Al-Dahdouh tinggal di sebuah rumah di kamp Nuseirat di Gaza tengah setelah mengungsi dari Gaza utara menyusul peringatan Israel kepada penduduk untuk pindah ke selatan karena aksi militer yang sedang berlangsung. 

Baca Juga

Putra Al-Dahdouh yang bernama Mahmoud, berusia 15 tahun dan sedang menempuh tahun terakhirnya di sekolah menengah. Sedangkan putri Al-Dahdouh, Sham, berusia tujuh tahun.

Anggota keluarga lainnya dilaporkan terkubur di bawah reruntuhan tetapi beberapa di antaranya diketahui selamat. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengonfirmasi telah melakukan serangan yang menargetkan Hamas di wilayah tempat anggota keluarga Al-Dahdouh terbunuh. 

Saat ditanya oleh BBC tentang hilangnya nyawa warga sipil dalam serangan udara Israel di Gaza, termasuk jurnalis dan keluarganya, juru bicara IDF Letkol Peter Lerner mengatakan setiap korban jiwa adalah sebuah tragedi. 

Rekaman video yang tersebar di media sosial menunjukkan Al-Dahdouh menangis di rumah sakit, sambil memegangi apa yang tampak seperti jenazah putrinya yang berusia tujuh tahun dan berlutut di atas jenazah putranya yang masih remaja. "Tidak ada tempat yang aman sama sekali di Gaza," katanya. 

Al-Dahdouh adalah kepala biro Aljazirah Arab di Gaza dan telah bekerja untuk kantor berita tersebut selama beberapa tahun.

Aljazirah sangat prihatin dengan keselamatan dan kesejahteraan rekan-rekan mereka di Gaza dan meminta pemerintah Israel bertanggung jawab atas keamanan mereka.

Baca juga: Daftar Produk-Produk Israel yang Diserukan untuk Diboikot, Cek Listnya Berikut Ini

"Kami mendesak komunitas internasional untuk campur tangan dan mengakhiri serangan terhadap warga sipil, sehingga menyelamatkan nyawa orang yang tidak bersalah," kata Aljazirah dalam pernyataannya.

Setidaknya 24 jurnalis telah terbunuh sejauh ini dalam konflik terbaru antara Israel dan Gaza, menurut Komite Perlindungan Jurnalis.

Gaza terus menerus dibombardir militer oleh Israel menyusul serangan mendadak pejuang Hamas pada 7 Oktober. 

Kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza mengatakan 7.000 orang tewas di sana. Israel telah memutus pasokan bahan bakar, listrik, dan sebagian besar air ke wilayah tersebut. Sebagian kecil bantuan kini masuk melalui Mesir. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement