Jumat 27 Oct 2023 20:29 WIB

Mengapa Tersenyum Membuat Orang Lebih Menarik? Ternyata Begini Penjelasan Ilmiahnya

Tersenyum ke arah kamera sebenarnya bisa membuat Anda terlihat lebih menarik.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Hasil studi menunjukkan orang terlihat lebih menarik ketika mereka tersenyum.  (Ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA
Hasil studi menunjukkan orang terlihat lebih menarik ketika mereka tersenyum. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak selebriti wanita, seperti Victoria Beckham, yang jarang tertangkap kamera saat tersenyum. Ini terjadi mungkin karena mereka takut menunjukkan garis senyum yang menunjukkan usia.

Padahal menurut sebuah studi, tersenyum ke arah kamera sebenarnya bisa membuat Anda terlihat lebih menarik. Para peneliti meneliti 112 sukarelawan dan memberikan mereka masing-masing 80 gambar orang yang memiliki ekspresi netral atau sedikit tersenyum.

Baca Juga

Ketika diminta untuk menilai daya tarik wajah, mereka memberikan skor lebih tinggi kepada orang-orang yang tersenyum. Saat ditanya bagaimana mereka menilai daya tarik, lebih banyak peserta penelitian yang mempertimbangkan ekspresi wajah seseorang dan apakah mereka terlihat ramah dibandingkan pakaian, gaya rambut, dan tingkat dandanannya.

Para relawan penelitian juga diminta untuk memilih gambar wajah tersenyum atau wajah netral dalam aplikasi kencan. Ini akan menentukan foto mana yang akan mereka simpan atau hapus.

Sebanyak 53 persen foto tersenyum dipilih untuk disimpan dibandingkan dengan  44 persen foto yang menunjukkan ekspresi netral. Pemimpin studi dari University of Vienna Dr Christian Valuch mengatakan sejak era Victoria, orang-orang selalu memiliki ekspresi wajah datar. 

Kemudian pada tahun 1990-an adalah waktu bagi supermodel dan selebriti untuk terlihat tidak tersenyum jika mereka ingin tampil keren. Namun, hasil studi menunjukkan orang terlihat lebih menarik ketika mereka tersenyum.

"Ini adalah ekspresi wajah yang membuat kami tertarik karena membuat orang terlihat ramah, mudah didekati, dan tidak mengancam. Jadi ketika Anda disuruh tersenyum ke arah kamera, Anda mungkin harus tersenyum," kata Valuch, dilansir DailyMail, Jumat (27/10/2023).

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science ini menggunakan wajah laki-laki dan perempuan yang dihasilkan komputer. Peserta penelitian berusia 18 hingga 30 tahun, hanya memiliki waktu satu detik untuk menggeser setiap foto dan menekan tombol untuk menyimpan atau menghapusnya.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang secara naluriah lebih menyukai wajah tersenyum saat menggeser layar dengan cepat. Hal ini menunjukkan bahwa foto tersenyum di aplikasi kencan daring dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan kecocokan.

Ketika ditanya mengapa mereka menyimpan foto, sekitar 44 persen orang mengatakan ekspresi wajah dan keramahan itu penting. Ketika diberi waktu lebih lama untuk melihat foto-fotonya, dan menilai daya tarik seseorang, baik pria maupun wanita pun lebih memilih orang yang tersenyum.

Mereka menganggap gambar-gambar ini lebih indah secara keseluruhan. Ketika ditanya mengenai faktor-faktor penting yang mereka gunakan untuk menilai apakah sebuah foto menarik, lebih dari seperempat relawan penelitian memberikan jawaban yang menyebutkan ekspresi wajah dan seberapa ramah penampilan seseorang. Itu adalah jawaban teratas bersama dengan fitur wajah, simetri wajah, dan tekstur kulit seseorang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement