Kamis 26 Oct 2023 17:10 WIB

Mengharukan, Aksi Viral Anak-Anak di Gim Roblox Bikin Barisan Avatar Dukung Palestina

Anak-anak membuat seratus avatar dengan mengibarkan bendera Palestina.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aksi pengguna gim Roblox yang notabene berusia anak-anak untuk mendukung Palestina viral di media sosial.
Foto: Tech Crunch
Aksi pengguna gim Roblox yang notabene berusia anak-anak untuk mendukung Palestina viral di media sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Aksi pengguna gim Roblox yang notabene berusia anak-anak untuk mendukung Palestina viral di media sosial. Roblox mirip dengan berbagai gim lain seperti Minecraft, yang ditujukan untuk anak-anak dan dewasa muda. 

Di Roblox yang juga mirip Lego itu, anak-anak membuat sekitar seratus avatar kotak-kotak berbaris melalui jalan yang diterangi lampu, mengibarkan bendera Palestina yang lebih besar dari tubuh animasi mereka. Ada karakter yang berpakaian seperti dinosaurus kartun, zombie steampunk, dan bintang pop berwarna merah muda pastel.

Baca Juga

Semuanya bernyanyi bersama melalui pesan instan dalam bahasa Melayu dan Inggris saat mereka tiba di panggung. Para pemimpin server Roblox berdiri bersama untuk menentukan kapan pawai berikutnya di sekitar jalan-jalan yang penuh piksel akan dimulai. 

Aksi ini menjadi sebuah demonstrasi yang tidak terduga yang dapat ditemukan dalam permainan anak-anak. namun semakin besar sebuah platform berkembang, kian dapat meniru dunia luar. Selama masa karantina akibat pandemi, lebih dari separuh remaja AS memainkan Roblox, sebuah gim MMO sandbox yang memungkinkan pengguna membangun server dan pengalaman sosial mereka sendiri.

Bahkan ketika anak-anak sudah kembali bersekolah, gim ini tetap sangat populer dengan lebih dari 65 juta pengguna aktif setiap hari. Namun di saat krisis, gim ini dapat berfungsi sebagai jalan keluar bagi generasi muda untuk terlibat secara aman dalam aktivitas politik dan belajar tentang peristiwa-peristiwa dunia.

Ketika Salsabeel, 23 tahun (nama samaran) mengetahui bahwa adik sepupunya mengikuti protes tersebut, dia sangat tersentuh sehingga dia memposting di X (sebelumnya Twitter) tentang hal itu.

“Kalian semua, sepupuku berumur 15 tahun dan tidak bisa ikut protes jadi dia ikut protes di roblox bro, aku menangis,” kata dia, seperti dilansir dari Tech Crunch, Kamis (26/10/2023). 

Postingan itu menjadi viral dan ditonton lebih dari enam juta kali. Dari postingannya dan beberapa video TikTok yang viral, membuat semakin banyak orang yang mengetahui demonstrasi tersebut. Kini, server Roblox yang berbasis di Malaysia telah dikunjungi lebih dari 157.000 kali.

“Jadi, dengan menggunakan platform ini… hal ini tidak mengejutkan Anda, namun hal ini tetap membawa perasaan gembira yang tak terduga ketika orang-orang menggunakan cara apa pun yang mereka miliki untuk menunjukkan solidaritas terhadap gerakan apa pun – untuk Black Lives Matter, untuk Palestina, untuk keadilan bagi siapa pun yang membutuhkan keadilan,” kata Salsabeel kepada TechCrunch. 

Frasa seperti “Yahudi”, “Hamas”, dan “Bebaskan Palestina” sebenarnya selalu disensor, apa pun konteks kemunculannya. Namun, troll mudah untuk mengatasi hambatan ini dengan menggunakan karakter alternatif.

Pemilihan kata-kata yang disensor aneh dan terkesan sewenang-wenang, menunjukkan adanya batasan dialog yang dapat terjadi pada platform yang dibuat untuk anak-anak. Mungkin “Yahudi” disensor, karena terkadang digunakan untuk menghina dan antisemit; meski di antara orang-orang Yahudi sendiri, “Yahudi” adalah ucapan yang sangat normal. 

Sungguh aneh bahwa “Palestina Merdeka” disensor, namun acara solidaritas lainnya terhadap Palestina tidak disensor. TechCrunch bertanya kepada Roblox bagaimana platform sampai pada pilihan ini, tetapi tidak mendapat tanggapan sebelum dipublikasikan.

Dalam panduan komunitasnya, Roblox menghargai perdebatan persahabatan tentang isu dan topik yang penting bagi Robloxian. Namun, untuk menjaga lingkungan yang beradab dan saling menghormati, platform melarang diskusi atau penggambaran konten politik tertentu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement