Selasa 24 Oct 2023 04:53 WIB

Siapkan Payung, Ada Potensi Hujan Hingga Angin Kencang Hari Ini

Sejumlah wilayah di Jabodetabek diprediksi hujan hari ini.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Sejumlah wilayah di Jabodetabek dan kota-kota besar lain di Pulau Jawa diprediksi akan terguyur hujan pada Selasa (24/10/23). Beberapa wilayah bahkan berpotensi mengalami angin kencang. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Sejumlah wilayah di Jabodetabek dan kota-kota besar lain di Pulau Jawa diprediksi akan terguyur hujan pada Selasa (24/10/23). Beberapa wilayah bahkan berpotensi mengalami angin kencang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sejumlah wilayah di Jabodetabek dan kota-kota besar lain di Pulau Jawa diprediksi akan terguyur hujan pada Selasa (24/10/23). Beberapa wilayah bahkan berpotensi mengalami hujan yang disertai kilat hingga angin kencang.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), DKI Jakarta masih belum akan terguyur hujan pada Selasa. Cuaca di berbagai wilayah DKI Jakarta umumnya akan cerah berawan atau berawan.

Baca Juga

Di Kota Bogor, cuaca pada pagi dan dini hari diprediksi akan cerah berawan. Namun kota tersebut diprediksi akan mengalami hujan ringan pada siang hari dan hujan sedang pada malam hari.

Pada hari yang sama, BMKG memprediksi terjadinya hujan ringan di Depok. Hujan ringan ini kemungkinan akan terjadi di siang dan malam hari.

Sama seperti Jakarta, hujan diprediksi belum akan mengguyur kota Tangerang pada Selasa. Secara umum, cuaca kota Tangerang akan berawan pada siang, malam, dan dini hari, serta cerah pada pagi hari. Di sisi lain, Bekasi diprediksi akan mengalami hujan ringan di malam hari.

Kota besar lainnya, seperti Bandung, diprediksi akan memiliki cuaca cerah berawan sepanjang hari pada Selasa. Sedangkan di Surabaya, cuaca umumnya akan cerah sejak pagi hingga malam dan mulai berawan pada dini hari.

Secara umum, sejumlah wilayah di Banten akan mengalami hujan ringan hingga sedang di siang hari. Wilayah yang diprediksi akan mengalami hujan ringan adalah Anyer, Bayah, Carita, Gunung Kencana, Pandeglang, Serang, Serpong, dan Tigaraksa. Sedangkan wilayah yang diprediksi akan mengalami hujan sedang adalah Kabupaten Lebak dan Rangkasbitung.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kabupaten Lebak," ujar BMKG, seperti dikutip oleh //Republika// pada Selasa (24/10/23).

Untuk Provinsi Jawa Barat, BMKG juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang dalam skala lokal dan durasi yang singkat. Hujan ini kemungkinan akan terjadi pada sore hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kota Depok.

Menurut prakiraan cuaca dari BMKG, beberapa wilayah di Jawa Barat yang akan mengalami hujan ringan adalah Bekasi, Cianjur, Depok, Kuningan, Sumedang, Cibinong, dan Pelabuhan Ratu. Di sisi lain, Cisarua, Gadog, Kota Bogor, dan Kabupaten Sukabumi diprediksi akan mengalami hujan ringan di siang hari dan hujan sedang di malam hari. Cipanas juga diprediksi akan mengalami hujan sedang di malam hari.

Di Jawa Timur, hujan ringan diprediksi akan melanda Batu, Bondowoso, Jember, Kabupaten Malang, Kota Probolinggo, dan Situbondo. Sedangkan hujan sedang diprediksi akan mengguyur Kabupaten Probolinggo.

"Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada: siang-sore hari di wilayah Kab Malang, Kab Probolinggo, dan Bondowoso," ujar BMKG melalui laman resminya

Di Jawa Tengah, BMKG memprediksi hujan ringan akan mengguyur Purwokerto, Banjarnegara, dan Purbalingga pada siang dan malam hari. Hujan ringan juga diprediksi akan melanda Kajen di siang hari, serta Blora dan Purwodadi di malam hari. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement