Selasa 24 Oct 2023 05:19 WIB

Ini Daftar Kota Berpotensi Hujan Hari Ini Menurut BMKG

Masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Indonesia (ilustrasi)
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Indonesia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis data peringatan dini cuaca untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Maluku untuk Selasa (24/10/2023). Peringatan dini mencakup potensi terjadiya hujan lebat yang bisa disertai kilat atau petir. Simak daftarnya, seperti dilansir situs BMKG:

Di Banten, masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kab. Lebak.

Baca Juga

Sedangkan di Jawa Barat, waspadalah terhadap potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada skala lokal dan durasi singkat pada rentang waktu antara sore hingga malam hari di sebagian wilayah Kab. dan Kota Bogor, Kab. dan Kota Sukabumi, Kab. Cianjur, Kota Depok.

Di Jawa Timur, masyarakat diminta mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada: Siang-Sore hari di wilayah Bojonegoro, Bondowoso dan Banyuwangi.

Untuk wilayah Kalimantan Barat, masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Hujan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat.

Di Kalimantan Timur, waspada hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Damai.

Dari Kalimantan Tengah, waspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kab. Kotawaringin Barat, Sukamara, Lamandau, Seruyan bagian Utara, Kotawaringin Timur bagian Utara, Katingan, Gunung Mas, Murung raya, dan Barito Utara. Potensi hujan lokal dengan durasi singkat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang ataupun angin puting beliung di wilayah Kalimantan Tengah. Serta, berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti genangan air, banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Di Kalimantan Selatan, masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang dan sore hari di wilayah Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah.

Sedangkan di wilayah Sulawesi, masyarakat Sulawesi Utara diimbau mewaspadai hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Manado, Minahasa, Minahasa Selatan, Bolmong Timur, dan Bolmong Selatan.

Di Sulawesi Tengah, ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang dan malam hari di wilayah Kota Palu, Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Dari Sulawesi Selatan, BMKG mengingatkan agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang–sore hari di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin dan Palembang. Sementara pada malam-dini hari di wilayah Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, Muara Enim, Lubuklinggau, PALI, OKU, OKU Timur dan OKU Selatan.

Dari Sulawesi Barat, waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang/sore hari di wilayah Kab. Mamasa (Tabulahan, Aralle, Buntumalangka) dan Kab. Mamuju (Kalumpang, Bonehau).

Dari Maluku Utara, waspada berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir di wilayah Morotai, Galela, dan sekitarnya.

Sedangkan untuk wilayah Papua Barat, masyarakat diimbau mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Kab. Sorong.

Di Papua, potensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Sarmi, Kota dan Kabupaten Jayapura. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement