Senin 23 Oct 2023 18:41 WIB

Peringatan Dini BMKG, Ini Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat Disertai Kilat Besok

BMKG merilis data peringatan dini cuaca untuk sejumlah wilayah di Indonesia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
BMKG) merilis data peringatan dini cuaca untuk sejumlah wilayah di Indonesia untuk Selasa (24/10/2023).   (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
BMKG) merilis data peringatan dini cuaca untuk sejumlah wilayah di Indonesia untuk Selasa (24/10/2023). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis data peringatan dini cuaca untuk sejumlah wilayah di Indonesia untuk Selasa (24/10/2023). Peringatan dini mencakup potensi terjadiya hujan lebat yang bisa disertai kilat atau petir. Simak daftarnya, seperti dilansir situs BMKG:

Untuk wilayah Aceh, potensi terjadinya hujan lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di terjadi wilayah Pidie, Pidie Jaya, Subulussalam,Aceh Jaya, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Barat, Gayo Lues, Aceh Tengah  dan Aceh Tenggara.

Baca Juga

Sedangkan di Sumatera Utara, masyarakat diminta mewaspadai hujan lebat di Lereng Timur, Pantai Barat, Lereng Barat, Pegunungan yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir.

Di wilayah Sumatera Barat, masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan intensitas sedang-lebat dapat disertai petir/kilat pada siang-sore hari di wilayah Pasaman Barat, Pasaman, Agam, Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan, Kab. Solok, dan sekitarnya; pada malam-dini hari di wilayah Kep. Mentawai, Padang Pariaman, Pariaman, dan sekitarnya.

Dari Riau, masyarakat diimbau mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi disebagian wilayah Kab. Kampar, Kab. Rokan Hulu, Kab. Bengkalis, Kab. Siak dan Kota Dumai pada siang atau sore dan malam hari.

Sedangkan di Jambi, ada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di wilayah Kab. Kerinci, Kota Sungai Penuh, dan Kab. Merangin pada pagi dan siang/sore hari.

Di Bengkulu, waspadai potensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi hingga sore hari di wilayah Kab. Mukomuko, dan Lebong.

Sedangkan di Sumatera Selatan, masyarakat diimbau mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang – sore hari di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin dan Palembang. Serta pada malam - dini hari di wilayah Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, Muara Enim, Lubuklinggau, PALI, OKU, OKU Timur dan OKU Selatan.

Dari Bangka Belitung, ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai angin kencang di Bangka Tengah, Bangka Barat, dan Bangka Selatan, pada pagi hingga siang hari.

Dari Lampung, masyarakat diimbau mewaspadai potensi angin kencang serta potensi kekeringan yang dapat menyebabkan kebakaran lahan dan hutan di wilayah Bandar Lampung, Lampung Selatan, Metro, Lampung Timur, Lampung Tengah, Tulang Bawang Tulang Bawang Barat, Way Kanan dan Mesuji pada siang, sore dan malam hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement