Senin 23 Oct 2023 16:04 WIB

Ini Dia Fakultas Terbaik di Indonesia Versi Edurank 2023

Pemeringkatan ini didasarkan pada reputasi, kinerja penelitian, serta dampak.

Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai fakultas ilmu keperawatan terbaik di Indonesia versi EduRank 2023, dengan menduduki peringkat 1 di Indonesia/ilustrasi
Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai fakultas ilmu keperawatan terbaik di Indonesia versi EduRank 2023, dengan menduduki peringkat 1 di Indonesia/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK---Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai fakultas ilmu keperawatan terbaik di Indonesia versi EduRank 2023, dengan menduduki peringkat 1 di Indonesia, peringkat 36 di Asia, dan peringkat 379 di dunia.

"Kami dengan rendah hati menerima pengakuan ini, yang mencerminkan komitmen FIK UI untuk keunggulan dalam pendidikan keperawatan. Ini adalah pencapaian kolaboratif yang menghargai kerja keras, semangat inovasi, dan dedikasi staf pengajar, mahasiswa, dan seluruh komunitas FIK UI," kata Dekan FIK UI Agus Setiawan, S.Kp., M.N., D.N., di Kampus UI Depok, Senin (23/10/2023).

Baca Juga

Pemeringkatan ini didasarkan pada reputasi, kinerja penelitian, serta dampak yang dihasilkan oleh alumni dengan rincian data penelitian di bidang keperawatan sebanyak 1,3 juta kutipan yang diterima oleh 805 ribu makalah akademis dan dibuat oleh 60 universitas di Indonesia.

Lebih lanjut ia mengatakan, FIK UI akan terus memajukan pendidikan dan penelitian dalam ilmu keperawatan, menciptakan peluang bagi mahasiswa untuk meraih kesuksesan di dunia profesional dan berkontribusi pada peningkatan perawatan kesehatan di Indonesia.

Saat ini, FIK UI terus mencapai prestasi baru dalam pendidikan keperawatan dan riset, dan tetap berkomitmen pada visinya, yaitu menjadi pusat pengembangan IPTEK keperawatan yang adaptif, peka budaya, dan berdaya saing untuk berkontribusi bagi pembangunan kesehatan masyarakat Indonesia dan dunia pada tahun 2035.

"Menempati peringkat pertama di Indonesia, tentu menjadi sebuah amanah dan tanggung jawab besar. Maka dari itu, FIK UI senantiasa mengembangkan berbagai inovasi dan prestasi baik di bidang kesehatan maupun sosial masyarakat," katanya.

Hal ini dibuktikan dari beragam pengabdian masyarakat yang dilaksanakan hampir di seluruh penjuru Indonesia, hibah riset, pertukaran pelajar ke luar negeri melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), pengadaan summer course, serta menjuarai berbagai lomba di tingkat nasional maupun internasional.

Tidak hanya akademik, FIK UI juga membuktikan prestasinya di bidang seni, olahraga bahkan kebahasaan.

Selain dinobatkan menjadi Fakultas Ilmu Keperawatan terbaik di Indonesia versi EduRank, saat ini seluruh program studi di FIK UI meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAMP-PTKes).

Kemudian, untuk Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners juga telah terakreditasi internasional dari Accreditation Agency in Health and Social Sciences (AHPGS) dan Asean University Network (AUN QA).

Sebagai pioner keperawatan di Indonesia yang berdiri sejak 1985 sekaligus menjadi pusat pendidikan keperawatan, FIK UI memiliki peran sebagai pembina beberapa institusi pendidikan tinggi keperawatan di Indonesia.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement