Senin 23 Oct 2023 19:03 WIB

WhatsApp Luncurkan Fitur Baru, Pesan Terkirim Bisa Terhapus Sendiri

Fitur WhatsApp ini secara efektif meminimalkan kemungkinan akses ilegal.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp mengumumkan sedang mengerjakan kemampuan untuk mengirim pesan suara atau voice note yang dapat terhapus sendiri./ilustrasi
Foto: Unsplash
WhatsApp mengumumkan sedang mengerjakan kemampuan untuk mengirim pesan suara atau voice note yang dapat terhapus sendiri./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp mengumumkan sedang mengerjakan kemampuan untuk mengirim pesan suara atau voice note yang dapat terhapus sendiri. Menurut WABetaInfo, pesan suara ini hanya dapat diputar satu kali, tidak dapat diekspor, diteruskan, atau disimpan. "Mode ini secara efektif meminimalkan kemungkinan akses ilegal atau mendengarkan di kemudian hari, memberikan lapisan privasi baru untuk informasi sensitif dan rahasia," kata WABetaInfo, dilansir DailyMail, Senin (23/10/2023).

Pengguna WhatsApp sudah dapat mengirim pesan, video, dan foto "Lihat Sekali," yang akan hilang dari obrolan setelah penerima membukanya satu kali.

Baca Juga

Kini, WABetaInfo telah melihat opsi untuk mengirim pesan suara "Lihat Sekali" sedang diuji di versi terbaru WhatsApp beta untuk Android dan iOS.

Pembocor memposting tangkapan layar alat baru tersebut, memperlihatkan ikon "Lihat Sekali" di bilah obrolan saat merekam pesan suara. Saat pengguna mengetuk ikon, pesan suara akan dikirim dalam mode sekali lihat sehingga penerima tidak dapat mengekspor, meneruskan, menyimpan, dan merekamnya.

"Setelah mengirim pesan suara dengan mode lihat sekali diaktifkan, Anda tidak akan dapat mendengarkannya dan penerima tidak dapat lagi mendengarkan catatan suara setelah menutupnya," ujarnya.

Meskipun fitur ini belum diluncurkan ke semua pengguna, beberapa pengguna menggunakan X (sebelumnya Twitter) untuk mendiskusikan kegembiraan mereka.

"Sepertinya ini pilihan yang bagus untuk privasi," kata salah satu pengguna men-tweet. Sementara yang lain menyebutnya sebagai fitur luar biasa.

Untuk mengirim foto dan video "Lihat Sekali," buka aplikasi WhatsApp, dan ketuk obrolan yang ingin Anda kirimi pesan. Ketuk ikon Kamera, lalu ambil foto. Alternatifnya, Anda dapat memilih foto atau video yang ada dari Galeri Anda.

Sebelum Anda menekan kirim, ketuk ikon "Lihat Sekali" di bagian bawah layar. Ini terlihat seperti angka '1' dalam lingkaran. Terakhir, ketuk Kirim.

Foto atau video tersebut kemudian hanya dapat dibuka satu kali dan tidak akan disimpan ke Foto atau Galeri penerima. Namun, WhatsApp menyoroti bahwa fitur ini bukanlah metode yang aman.

"Ingatlah bahwa ada cara lain untuk menyimpan media Anda. Misalnya, penerima dapat mengambil foto atau video yang Anda lihat di media dengan kamera atau perangkat lain sebelum hilang. Jadi, kirimkan hanya ke orang yang Anda percayai," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement