Sabtu 21 Oct 2023 05:36 WIB

Sejumlah Wilayah Indonesia Diguyur Hujan Hari Ini, Bagaimana Kota Anda?

Sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan, Sabtu (21/10/2023).

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
BMKG memprediksi sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan, Sabtu (21/10/2023). (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
BMKG memprediksi sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan, Sabtu (21/10/2023). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan, Sabtu (21/10/2023).

Dikutip dari situs resmi bmkg.go.id, BMKG memberikan peringatan dini agar mewaspadai wilayah yang berpotensi mengalami hujan disertai petir atau kilat serta angin kencang.

Baca Juga

Di Aceh, BMKG mengingatkan potensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang di Wilayah Simeulue, Aceh Selatan, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Besar, Banda Aceh, Sabang, Aceh Jaya, Pidie, Aceh utara, Nagan Raya, Subulussalam, dan Aceh Barat.

Peringatan dini juga diberikan untuk wilayah Kalimantan Barat pada Sabtu (21/10/2023). Hujan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat. 

Hujan petir diperkirakan akan terjadi di Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Kubu Raya, Landak, Melawai, Mempawah, Pontianak, Sambas, Singkawang, dan Sungai Raya pada siang hari. 

Pada pagi harinya, Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Ketapang, Kubu Raya, Landak, Melawi, Mempawah, Pontianak, Sambas, Sanggau, Sekadau, Singkawang, Sintang, dan Sungai Raya diperkirakan akan cerah berawan. 

Hujan sedang diperkirakan akan turun di Sekadau pada siang hari, sementara itu di Sintang diperkirakan akan turun hujan ringan. Cuaca Ketapang pada siang hari diperkirakan akan cerah berawan. 

Kemudian, cuaca di Kayong Utara, Ketapang, Kubu Raya, Landak, Mempawah, Pontianak, Sanggau, dan Sungai Raya  pada malam hari diperkirakan akan cerah berawan. Namun Sintang, Singkawang, Sekadau, Melawi, dan Bengkayang diperkirakan akan berawan pada malam hari. Di Kapuas Hulu diperkirakan akan turun hujan ringan. 

Pada malam hari Melawi diperkirakan akan berawan, sedangkan Sambas diperkirakan akan cerah.  Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Ketapang, Kubu Raya, Landak, Melawi, Mempawah. Pontianak, Sambas, Sanggau, Sekadau, Singkawang, Sintang, dan Sungai Raya diperkirakan akan cerah berawan pada dini hari. 

Sedangkan di Bangka Belitung, masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang hari di wilayah Kab. Bangka Tengah, dan sekitarnya.

Dari Banten, ada peluang terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kab. Lebak, Kab. Tangerang bagian Selatan, Kota Tangerang Selatan.

Di Bengkulu, BMKG mengingatkan adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Kab.Lebong, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah

Di Jawa Barat, warga diminta mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi yang singkat pada waktu menjelang siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kota Depok, Kab Purwakarta, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab dan Kota Bandung, Kab Subang, Kab Sumedang, Kab Majalengka, Kab Indramayu.

Dari Jawa Timur, BMKG mengingatkan agar mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore hari di wilayah Ngawi, Kab. Pasuruan dan Lumajang.

Sedangkan di Maluku, BMKG mengingatkan potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat di wilayah Maluku Tengah. Sementara di Papua, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Sarmi, Mamberamo Raya, Mimika, Yahukimo, Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Asmat, Mappi, dan Boven Digoel.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement