Jumat 20 Oct 2023 15:06 WIB

Apple akan Luncurkan IPad Lipat? Cek Bocorannya

Apple bersiap masuk dalam persaingan perangkat lipat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Rumor dari rantai pasokan Apple menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sedang dalam pengembangan intensif dengan pemasok untuk mengembangkan iPad yang dapat dilipat.
Foto: dailymail
Rumor dari rantai pasokan Apple menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sedang dalam pengembangan intensif dengan pemasok untuk mengembangkan iPad yang dapat dilipat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Apple akhirnya siap mengejar persaingan dalam hal perangkat lipat. Sebelumnya, Samsung, Oppo, OnePlus, dan banyak merek lain sudah hadir di pasar dengan perangkat lipat. 

Dilansir India Today, Jumat (20/10/2023), rumor dari rantai pasokan Apple menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sedang dalam pengembangan intensif dengan pemasok untuk mengembangkan iPad yang dapat dilipat. 

Baca Juga

Laporan tersebut menunjukkan bahwa produksi skala kecil dari iPad yang dapat dilipat bisa dimulai pada akhir tahun 2024, yang menunjukkan bahwa Apple mungkin mengumumkan produk tersebut pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025. 

Rencana Apple merilis iPad lipat sudah lama dirumorkan. Ada banyak bukti yang mendukung hal ini, termasuk pengajuan paten terbaru perusahaan. 

Ini berupa paten untuk mekanisme engsel dengan penutup bergerak yang mencegah layar rusak atau kusut saat dilipat, paten untuk layar yang menggunakan dioda pemancar cahaya organik (OLED), dan paten untuk lipatan layar lipat yang dapat disembuhkan sendiri. Faktanya, banyak laporan mengklaim bahwa Apple lebih banyak mengerjakan iPad yang dapat dilipat daripada iPhone yang dapat dilipat. 

Kini, menurut laporan Digitimes, Apple sedang mempercepat rencana iPad lipatnya. Perusahaan dilaporkan berharap dapat memulai produk skala kecil pada akhir tahun 2024. Meskipun skala pasti dari proses produksi awal ini masih dirahasiakan, implikasinya adalah bahwa hal ini akan lebih besar daripada sekadar uji coba produksi. 

Perusahaan dilaporkan belum menyelesaikan desain “iPad” yang dapat dilipat. Apple secara aktif menyempurnakan desain iPad lipat yang akan datang, dengan tujuan menyelesaikan proses ini pada tahun 2024. 

Untuk menghemat biaya, proyek ini telah dialihkan dari tim desain produk ke departemen pengadaan, dengan tujuan utama Apple adalah pengembangan desain yang lebih ramah anggaran. 

Salah satu tantangan besar yang dihadapi raksasa teknologi itu adalah merancang layar dan engsel untuk iPad lipatnya. Perusahaan ini sangat prihatin dengan potensi lipatan pada layar dan dikatakan sedang berdiskusi dengan Samsung dan LG untuk layar yang menggunakan solusi desain mekanis untuk mengatasi masalah ini. 

Selain itu, Apple dengan tekun mengerjakan desain engsel yang lebih ekonomis dan lebih mudah diproduksi secara massal, yang mungkin memerlukan perampingan lebih lanjut dan pengurangan jumlah komponen. 

Meskipun demikian, produksi massal perangkat lipat perdana Apple dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2025. Menurut DigiTimes, hal ini dapat meningkatkan pengiriman iPad, dan mungkin merevitalisasi pasar tablet global, yang sedang menghadapi penurunan penjualan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement