Kamis 19 Oct 2023 12:05 WIB

Bersiap Rogoh Kocek Lebih Dalam, Biaya Berlangganan Netflix Naik Lagi

Netflix kembali menaikkan biaya bulanan untuk dua paket berlangganan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Setelah memberlakukan biaya tambahan untuk akun berbagi pada awal tahun ini, Netflix kembali menaikkan biaya bulanan untuk dua paket berlangganan di wilayah AS, Inggris, dan Prancis./ilustrasi
Foto: AP Photo/Dan Goodman
Setelah memberlakukan biaya tambahan untuk akun berbagi pada awal tahun ini, Netflix kembali menaikkan biaya bulanan untuk dua paket berlangganan di wilayah AS, Inggris, dan Prancis./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setelah memberlakukan biaya tambahan untuk akun berbagi pada awal tahun ini, Netflix kembali menaikkan biaya bulanan untuk dua paket berlangganan di wilayah AS, Inggris, dan Prancis.

Netflix mengumumkan keputusan itu melalui surat kepada pemegang saham, Rabu (18/10/2023), mengatakan bahwa kenaikan harga akan dimulai per hari ini, Kamis (19/10/2023). Dan perubahan biaya akan diluncurkan ke pelanggan di Jerman, Spanyol, Jepang, Meksiko, Australia, dan Brasil pekan depan.

Baca Juga

Melansir CNet, Kamis (19/10/2023), mulai hari ini, paket dasar akan naik menjadi 12 dollar AS (Rp 189 ribu) per bulan, namun tidak jelas apakah akan ada perubahan pada berapa banyak akun yang disertakan dengan langganan atau apakah anggota tambahan diperbolehkan. 

Paket dasar tidak lagi tersedia untuk pelanggan baru Netflix. Premium kini berharga 23 dollar AS (Rp 363 ribu) per bulan, dan harga paket standar dan didukung iklan (7 dollar AS) (15,50 dollar AS per bulan) tidak akan berubah.

Meskipun Netflix belum menaikkan tarif berlangganan sejak Januari 2022, Netflix menghapus paket dasar 10 dollar AS (Rp 157 ribu) pada musim panas lalu dan mengenakan biaya tambahan 8 dollar AS (Rp 126 ribu) per orang jika berbagi akun dengan seseorang.

Kabar tersebut muncul setelah beberapa pesaing layanan streamingnya menaikkan harga tahun ini. Pesaing seperti Disney Plus, Hulu, Peacock, Discovery Plus, dan Paramount Plus, semuanya telah menerapkan kenaikan harga dalam tiga bulan terakhir. Dibandingkan dengan Disney Plus dan Hulu, paket harga baru Netflix akan serupa.

Khususnya, Netflix meningkatkan ambisinya di luar streaming video dengan serangkaian usaha baru. Perusahaan ini meluncurkan game di platformnya pada 2021 untuk ponsel, dan baru-baru ini mulai menguji fitur tersebut untuk TV.

Jajaran video gamenya terus bertambah setiap bulannya, dengan beberapa rilisan yang didasarkan pada properti Netflix. Game sudah termasuk dalam semua keanggotaan tanpa biaya tambahan.

Netflix juga mengambil langkah kecil dalam hal program olahraga langsung dengan Piala Netflix perdananya. Pada November 2023, pelanggan dapat menyiarkan langsung acara golf yang mempertemukan atlet Formula 1 dan PGA dalam perebutan gelar teratas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement