Kamis 19 Oct 2023 08:51 WIB

BMKG Prediksi Sejumlah Kota di Indonesia Diguyur Hujan Hari Ini, Cek Wilayah Anda

Ada sejumlah wilayah di Indonesia yang diprediksi bakal turun hujan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
BMKG memprediksi ada sejumlah wilayah di Indonesia yang diprediksi bakal turun hujan, Kamis (19/10/2023).  (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
BMKG memprediksi ada sejumlah wilayah di Indonesia yang diprediksi bakal turun hujan, Kamis (19/10/2023). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi cuaca yang terik belakangan ini membuat banyak orang mengharapkan hujan turun. Dikutip dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ada sejumlah wilayah di Indonesia yang diprediksi bakal turun hujan, Kamis (19/10/2023).

Kota Banda Aceh diprediksi akan mengalami hujan sedang di siang hari, sementara pada malam hari hanya akan berawan tebal. Kota Palembang diguyur hujan ringan di siang hari, sementara Medan diperkirakan hujan ringan di siang hari dan hujan lebat di malam hari.

Baca Juga

Hujan petir diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah di Padang pada siang hari, berlanjut hujan ringan di malam harinya. Pekanbaru dan Jambi diperkirakan mengalami hujan ringan di siang hari, sedangkan Pangkal Pinang diprediksi hujan petir di siang hari dan akan turun hujan sedang di Tanjung Pinang pada siang hari.

Banjarmasin, Manado, Makassar, Gorontalo, dan Ternate termasuk wilayah lain yang akan diguyur hujan ringan pada siang hari. Sementara, hujan ringan akan diprediksi turun di Manokwari, tapi pada malam hari. Pontianak diperkirakan mengalami hujan petir di siang hari dan hujan sedang di Palangkaraya pada malam hari.

Warga ibu kota perlu bersabar sebab hari ini BMKG memperkirakan hujan belum akan turun di seluruh wilayah DKI Jakarta. Cuaca di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu diprediksi cerah berawan serta berawan.

Bergeser ke Jawa Barat, cuaca yang diperkirakan BMKG rata-rata adalah cerah berawan. Namun, hujan ringan bisa mengguyur sejumlah area, yakni Kabupaten Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Kuningan, Cianjur, Kota Bogor, juga beberapa wilayah di Kabupaten Bogor.

Prediksi cuaca cerah berawan atau berawan juga dipantau BMKG di Jawa Tengah. Ada beberapa lokasi yang diperkirakan diguyur hujan ringan, yakni Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo, dan Temanggung. Berbeda dengan Jawa Timur, di mana Kabupaten Malang dan Kota Kediri diprediksi turun hujan lebat hari ini.

Masih di Jawa Timur, hujan ringan diprediksi singgah di Batu, Bondowoso, Jember, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Madiun, Kabupaten Probolinggo, Kota Blitar, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Probolinggo, Lumajang, Ponorogo, serta Trenggalek. Selebihnya, cuaca diprediksi cerah atau cerah berawan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement