Rabu 18 Oct 2023 13:32 WIB

Lagi-lagi iPhone 15 Pro Max Bermasalah, Apa Kali Ini?

Daftar masalah iPhone baru masih terus berlanjut.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pengguna iPhone 15 melaporkan telah mengalami layar terbakar yang meninggalkan gambar bayangan./ilustrasi
Foto: EPA-EFE/RUNGROJ YONGRIT
Pengguna iPhone 15 melaporkan telah mengalami layar terbakar yang meninggalkan gambar bayangan./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sejak Apple meluncurkan iPhone 15, setiap pekan sepertinya selalu membawa banyak masalah baru. Salah satu masalah yang muncul adalah pengguna melaporkan telah mengalami layar terbakar yang meninggalkan gambar bayangan.

Pelanggan Apple telah menggunakan media sosial untuk berbagi gambar perangkat mereka seharga puluhan juta rupiah yang menunjukkan bagaimana elemen tampilan umum digunakan seperti keyboard terlihat terbakar.

Baca Juga

Bagian layar berubah warna secara permanen karena penggunaan yang berlebihan dan dikaitkan dengan layar OLED yang digunakan di iPhone. Sejauh ini, laporan pengguna menunjukkan hanya iPhone 15 Pro Max alias model termahal yang terkena dampak.

Meskipun iPhone baru dirilis pada September lalu, pengguna kini mengalami perubahan warna layar yang seharusnya disebabkan oleh ratusan bahkan ribuan jam penggunaan dalam waktu lama. Area yang paling sering terpengaruh adalah area yang tetap statis dalam jangka waktu lama, terutama ikon keyboard dan layar beranda.

Jika efek gambar yang dibagikan di media sosial memang bersifat permanen, hal ini dapat mengindikasikan adanya kesalahan serius. Beberapa gambar dikumpulkan dan dibagikan oleh pengguna X yang menulis “iPhone 15 Pro Max Apple dilaporkan mengalami masalah layar terbakar, menambah daftar masalah yang terus bertambah bagi perusahaan tahun ini.”

Jika Anda khawatir ponsel Anda mungkin mengalami layar terbakar, para ahli mengatakan cara terbaik untuk memeriksanya adalah memilih gambar abu-abu polos dan memperbesarnya hingga memenuhi layar Anda. Dengan latar belakang abu-abu, sisa gambar yang tertinggal akan terlihat jelas.

Jika terjadi efek bakar permanen, masalahnya tidak dapat diperbaiki. Namun, banyak pengguna yang mengalami masalah ini melaporkan dapat memperoleh pengembalian uang atas garansi satu tahun Apple.

Untuk menghindari efek terbakar, solusi terbaik adalah menjaga kecerahan Anda serendah mungkin, mengubah wallpaper jika memungkinkan, dan mempersingkat waktu mati layar. Semua langkah ini mengurangi jumlah waktu dan kecerahan yang diterapkan pada salah satu bagian layar sehingga mendorong keausan yang lebih lambat dan merata.

Namun, ini bukan satu-satunya masalah yang dihadapi iPhone baru. Pengguna lain telah melaporkan segala hal mulai dari panas berlebih hingga perubahan warna.

Dilansir Daily Mail, Rabu (18/10/2023), pekan lalu, Apple merilis pembaruan iOS baru untuk memperbaiki bug perangkat lunak yang menyebabkan beberapa ponsel mencapai suhu lebih dari 100 derajat Fahrenheit hanya dalam beberapa menit penggunaan. Sebuah video yang diposting ke YouTube menunjukkan iPhone 15 Pro Max baru mudah patah.

YouTuber JerryRigEverything, bernama asli Zack Nelson, menguji produk terbaru Apple hingga mencapai titik kehancuran dalam Uji Daya Tahan khasnya. Dengan sedikit tikungan dari Pak Nelson, kaca belakang iPhone 15 Pro Max pecah.

Penggemar Apple juga kecewa karena bodi titanium pada jajaran Pro dengan cepat berubah warna karena penanganan rutin. Sementara yang lain menemukan debu di dalam kamera ponsel baru mereka. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement