Selasa 17 Oct 2023 13:49 WIB

Kisah di Balik Makanan yang Membuat Nyaman

Mempromosikan kuliner Nusantara, Omar Niode Foundation meluncurkan buku kuliner.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ketua Omar Niode Foundation, Amanda Katili Niode dalam acara peluncuran buku Comfort Food Memoir: Kisah Makanan yang Menenangkan Beserta Resepnya di restoran Nusa Indonesian Gastronomy, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2023).
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Ketua Omar Niode Foundation, Amanda Katili Niode dalam acara peluncuran buku Comfort Food Memoir: Kisah Makanan yang Menenangkan Beserta Resepnya di restoran Nusa Indonesian Gastronomy, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Memperingati World Food Day, sebuah organisasi nirlaba yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, melestarikan citra budaya, dan mempromosikan kuliner Nusantara, Omar Niode Foundation telah meluncurkan buku bertajuk Comfort Food Memoir: Kisah Makanan yang Menenangkan Beserta Resepnya.

Comfort food didefinisikan sebagai makanan yang menghadirkan sensasi keakraban, kehangatan, dan nostalgia, memiliki peran penting dalam pengalaman kuliner. Buku Comfort Food Memoir mengundang pembaca untuk menjelajahi ragam rasa dan kenangan kuliner melalui pengalaman emosional penulis.

Baca Juga

Ketua Omar Niode Foundation, yang juga menjadi editor buku ini, Amanda Katili Niode mengungkapkan apresiasi terhadap para penulis yang menggali memori tentang comfort food mereka, berbagi resep keluarga, serta dimensi emosional dari makanan tersebut. “Semua  merupakan ilustrasi keanekaragaman pangan dan kuliner Kepulauan Nusantara, termasuk bumbu dan rempahnya,” kata Amanda dalam acara peluncuran buku Comfort Food Memoir di restoran Nusa Indonesian Gastronomy, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2023).

Kerja sama antara Omar Niode Foundation dan Penerbit Diomedia menghadirkan 65 penulis lintas profesi yang membagikan resep-resep sebagai saksi momen indah dan mengharukan dari berbagai Kepulauan Nusantara.

Beberapa judul menarik dalam buku ini, seperti "Gulai Lezat Berkat Daun Taya dan Tempoyak" yang ditulis Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, DR. Alue Dohong; "Kentang Gepuk Penuh-Kasih Tante Cotje" yang ditulis praktisi media, Debra H. Yatim; "Bretang Kenari Penawar Rindu Banda Neira" yang ditulis pelaku usaha wisata bahari, Rani Hernanda; dan "Tiga Menu Favorit Dalam Hidupku" yang merupakan kisah dari budayawan Erros Djarot.

Buku ini juga telah meraih pengakuan dengan mencapai peringkat tertinggi dalam dua kategori, yaitu Foreword dan Food Writing pada Gourmand World Cookbook Awards 2023. Buku Comfort Food Memoir. Kisah Makanan Yang Menenangkan Beserta Resepnya mendapatkan dukungan khusus dari berbagai pihak, termasuk Utusan Khusus Presiden RI Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan, Founder & Executive Director, World Food Travel Association, serta Founder & President, Gourmand World Cookbook Awards.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement