Selasa 17 Oct 2023 13:19 WIB

Tak Perlu Jago Editing, Begini Kiat Buat Foto Keren

Ada cara mengambil gambar yang bagus meski tanpa keahlian mengedit.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jika Anda ingin sebuah foto menarik perhatian, Anda perlu mempercantik gaya foto tersebut./ilustrasi
Foto: Dok. Web
Jika Anda ingin sebuah foto menarik perhatian, Anda perlu mempercantik gaya foto tersebut./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gambar yang bagus sangat penting, terutama untuk foto yang diunggah di media sosial karena bisa menarik perhatian pengguna lain. Namun, tidak semua orang bisa mengambil foto yang bagus.

Mengambil foto yang bagus merupakan seni yang memerlukan kombinasi keterampilan dan teknik. Berikut cara mengambil gambar yang bagus tanpa keahlian mengedit, dilansir GizChina, Selasa (17/10/2023):

Baca Juga

1.Gaya foto

Jika Anda ingin sebuah foto menarik perhatian, Anda perlu mempercantik gaya foto tersebut. Anda bisa memulainya dengan mengontrol karakter yang Anda inginkan. Pertama, Anda bisa mengambil warna seragam.

Jika terlalu banyak warna yang mengaburkan gambar, efek keseluruhannya mungkin berbenturan. Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk menyatukan warna semaksimal mungkin. Kedua, pastikan semua komponen gambar menyatu.

Misalnya, jika latar belakang gambar tidak menjadi fokus, maka hindari mengambil terlalu banyak latar belakang. Selain itu, saat memotret sekelompok orang, pastikan posisi mereka berada di tengah. Penting untuk mempertimbangkan penempatan subjek, latar belakang, dan objek lainnya dalam bingkai. 

 

2.Lokasi foto

Jangan menyerah begitu saja dalam memilih lokasi untuk berfoto. Hal ini akan mempengaruhi tampilan gambar secara keseluruhan. Jika Anda memilih kawasan kumuh dengan pemandangan yang tidak menyenangkan, maka keindahan yang Anda dapatkan mungkin tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Anda bisa memilih lokasi dengan warna-warna cerah seperti putih atau krem ​​adalah pilihan yang baik.

 

3.Ketahui kemampuan kamera

Sebelum Anda mulai mengambil foto, penting untuk memahami kemampuan kamera Anda. Luangkan waktu untuk membaca manual dan mempelajari berbagai pengaturan dan fitur. Ini akan membantu Anda mengambil foto yang lebih baik dan memaksimalkan kamera Anda.

 

4.Pelajari cara menggunakan cahaya

Pencahayaan adalah salah satu faktor terpenting dalam fotografi yang dapat membuat bagus atau menghancurkan foto. Cobalah untuk menghindari sinar matahari langsung dan carilah cahaya yang lembut dan menyebar. Anda juga dapat bereksperimen dengan pencahayaan buatan, seperti lampu atau lampu kilat untuk menciptakan efek berbeda.

 

5.Eksperimen dengan eksposur

Eksposur mengacu pada jumlah cahaya yang masuk ke kamera. Ini dapat disesuaikan menggunakan pengaturan aperture, kecepatan rana, dan ISO. Bereksperimenlah dengan pengaturan eksposur berbeda untuk menciptakan efek berbeda. 

 

6.Gunakan aksesoris foto

Ada beragam aksesoris yang dapat membantu Anda mengambil foto lebih baik. Tripod dapat membantu menjaga kestabilan kamera sementara filter dapat digunakan untuk menyesuaikan warna atau kontras foto. Bereksperimenlah dengan berbagai aksesori untuk melihat mana yang paling cocok untuk Anda. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement