Selasa 17 Oct 2023 15:26 WIB

Makin Mudah Chat, Cek Fitur Baru WhatsApp untuk Desktop

WhatsApp telah menambahkan fitur baru dan peningkatan pada versi desktop.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp mengumumkan sedang mengerjakan sidebar dan filter obrolan grup untuk web. Selain itu, ada juga fitur pencarian khusus./ilustrasi
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
WhatsApp mengumumkan sedang mengerjakan sidebar dan filter obrolan grup untuk web. Selain itu, ada juga fitur pencarian khusus./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp telah menambahkan fitur baru dan peningkatan pada versi desktop di Windows dan MacOS. Baru-baru ini, perusahaan mengumumkan sedang mengerjakan sidebar dan filter obrolan grup untuk web. Selain itu, ada juga fitur pencarian khusus.

Dikutip dari laman Gadgets Now, Selasa (17/10/2023), WABetaInfo telah menemukan opsi baru di versi desktop WhatsApp yang memungkinkan pengguna dengan cepat mencari pesan dari tanggal tertentu. Penelusuran berdasarkan tanggal ini diluncurkan dalam versi beta.

Baca Juga

Laporan tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa fitur pencarian baru sedang dalam tahap pengujian dan saat ini diluncurkan untuk pengguna tertentu dalam versi beta. Artinya, pengguna hanya akan dapat melihat fitur ini jika terdaftar dalam program beta WhatsApp.

Versi beta yang ada pun masih terbatas, dan diharapkan segera tersedia untuk lebih banyak penguji beta yang mungkin akan diikuti dengan peluncuran resmi. Berdasarkan tangkapan layar WABetaInfo, cara kerja fitur itu menggunakan sebuah tombol kalender baru.

Tombol tersebut memungkinkan pengguna memilih tanggal yang diinginkan, kemudian melakukan pencarian di dalam platform. Mengekliknya akan memunculkan kalender di mana pengguna dapat memilih tanggal dan kemudian mencari kata kunci untuk mencari pesan dengan mudah. 

Fitur ini akan memudahkan pengguna menemukan percakapan di WhatsApp, terutama jika mereka mengingat tanggal pesan dibagikan. Namun, sekarang, ini bukanlah fitur yang sepenuhnya baru. WhatsApp beta untuk iOS versi 22.24.0.77 sudah memiliki fitur ini dan WhatsApp kini menghadirkan hal yang sama ke klien web.

WhatsApp adalah layanan perpesanan yang sangat populer. Pada 2023, diperkirakan terdapat 2,78 miliar pengguna WhatsApp, meningkat 15 persen atau 367 juta lebih banyak dibandingkan tahun 2022. Dilansir laman BankMyCell, pengguna aktif bulanan WhatsApp diprediksi sebanyak 2,7 miliar.  

Rata-rata, sekitar 138 miliar pesan dikirimkan di WhatsApp setiap harinya. Pengguna aktif bulanan WhatsApp di seluruh dunia diperkirakan tumbuh sebesar 18 persen selama 2023-2025. India tercatat sebagai negara dengan pengguna WhatsApp terbanyak secara global (390 juta), menyusul Brasil (148 juta), dan Indonesia (112 juta pengguna).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement