Selasa 17 Oct 2023 04:40 WIB

Sering Lemot? Ini 7 Kiat Paham Pelajaran dengan Cepat

Membuat catatan kecil pelajaran bisa membantu memahami materi lebih cepat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Belajar memang butuh tingkat konsentrasi yang tinggi dan suasana yang mendukung.  (ilustrasi)
Foto: Istimewa
Belajar memang butuh tingkat konsentrasi yang tinggi dan suasana yang mendukung. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Pernahkah Anda merasa sudah belajar lama, tapi belum paham juga dengan materi yang dipelajari? Hal ini mungkin disebabkan oleh konsentrasi belajar yang terganggu, entah itu mengecek ponsel, melihat televisi, atau justru bermain dengan orang rumah. Karena tidak dapat dimungkiri, belajar memang butuh tingkat konsentrasi yang tinggi dan suasana yang mendukung. 

Nah semua ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah jika kalian paham cara memahami materi pelajaran dengan baik. Zenius telah merangkum bagaimana caranya agar kamu bisa memahami materi pelajaran dengan cepat. Berikut kiatnya: 

Baca Juga

 

1. Membuat mind map sendiri

Salah satu cara untuk memahami materi pelajaran adalah dengan membuat mind map terlebih dahulu. Mind map adalah sebuah kerangka yang dibuat dengan cara mengelompokkan beberapa ide dalam bentuk visual atau gambar untuk membantu mengingat dan memahami dari setiap kerangka materi yang ada.

Sebagai contoh, kamu kelas 11 dan lagi belajar Geografi. Nah, kamu bisa bikin mind mapping materi Geografi yang kamu sedang pelajari. Banyak tools gratisan berbasis web yang bisa kamu gunakan untuk membuat mind map, misalnya MindMup, XMind, atau bahkan Canva. 

 

2. Membuat catatan kecil

Cara memahami materi pelajaran dengan cepat yang selanjutnya, yaitu membuat catatan kecil. Ketika di kelas, sering kali bapak/ibu guru menerangkan suatu poin penting dalam sebuah materi. Nah, kamu sebaiknya mencatat hal tersebut supaya tidak lupa di kemudian hari.

Catatan-catatan kecil yang terkumpul akan memudahkanmu dalam mengingat suatu materi. Jika memungkinkan, kamu juga bisa mempersiapkan satu buku untuk menulis poin-poin penting. Cara ini dinilai lebih efektif ketimbang kamu menghafalkan seluruh materi dalam setiap mata pelajaran.

 

3. Garis bawahi/highlight hal-hal yang penting

Menggaris bawahi hal-hal penting dalam setiap materi akan membantumu untuk semakin mudah memahami maksud atau poin dari materi yang disampaikan oleh guru.

Kamu bisa menggarisbawahi poin penting dengan pulpen maupun menandainya dengan highlighter. Jadi, setiap kamu mau belajar satu materi, kamu sudah tahu mana poin-poin penting yang perlu dipelajari dengan saksama. Jadi, nggak perlu membaca semua halaman satu per satu. Dari poin tersebut, akan terbentuk kerangka dan menjadi sebuah konsep, sehingga kamu akan bisa memahami gambaran besar dari materi yang sedang dipelajari.

 

4. Sering-sering latihan soal

Belajar sebanyak dan sesering apa pun, kalian tidak akan jago kalau tidak dibarengi dengan latihan soal karena belajar teori saja tidak akan cukup. Kamu perlu mengerjakan latihan soal untuk terus mengasah otak dengan baik supaya mampu memahami materi yang sudah diajarkan oleh bapak/ibu guru. 

 

5. Cari teman belajar

Salah satu penyebab kurang memahami materi pelajaran juga karena kamu merasa buntu dalam memahami materi-materi tertentu. Alhasil, hal tersebut menimbulkan rasa bosan dalam belajar.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mencari teman belajar untuk menghilangkan rasa bosan tersebut. Ketika punya banyak teman belajar, kamu juga bisa melakukan brainstorming atau diskusi satu sama lain dan menanyakan materi-materi yang sulit dimengerti. Secara tidak langsung, wawasanmu akan bertambah karena mendapatkan ilmu-ilmu baru dari teman-teman.

 

6. Buat jadwal belajar 

Sering sekali kita merasa tidak punya waktu buat belajar karena sibuk bermain dengan teman, handphone, ataupun hal-hal lain yang mengganggu kita untuk mulai belajar. Akibatnya, aktivitas belajar pun bisa lewat begitu saja dalam satu hari.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membuat jadwal belajar harian. Saat membuat jadwal belajar, pastikan waktu yang produktif bagi kamu untuk menyerap ilmu baru. Misalnya, kamu lebih produktif belajar saat malam hari. Pada malam hari tersebut buat jadwal belajar sekitar 1 sampai 2 jam sesuai dengan kemampuan otakmu. 

 

7. Cari sumber/referensi belajar

Cara memahami materi pelajaran dengan cepat selanjutnya, yaitu sering-sering mencari sumber referensi belajar. Di era digital saat ini, kamu bisa mencari sumber/referensi belajar dari mana saja, khususnya di internet. Ada banyak sekali website, YouTube, ataupun platform belajar seperti Zenius yang menyediakan video-video materi pelajaran yang dikemas dengan menarik.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement