Ahad 15 Oct 2023 14:20 WIB

Misi Psyche NASA Akhirnya Berhasil Diluncurkan 

Peluncuran Psyche telah ditunda, seharusnya meluncur pada 5 Oktober.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Roket SpaceX Falcon Heavy yang membawa pesawat ruang angkasa Psyche diluncurkan dari Launch Complex 39A, Jumat, 13 Oktober 2023, di Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida. Pesawat ruang angkasa Psyche NASA akan melakukan perjalanan ke asteroid kaya logam dengan kecepatan yang sama nama yang mengorbit Matahari antara Mars dan Jupiter untuk mempelajari komposisinya.
Foto:

Selama penghancuran dan penggabungan planetesimal yang lebih kecil ini, benda-benda besar yang dihasilkan mulai meleleh sepenuhnya. Logam berat kemudian tenggelam ke inti, sedangkan batuan ringan mengapung ke atas.  Namun, dengan 16 Psyche, NASA berpikir bahwa setelah mencapai tahap ini, ia kemudian ditabrak oleh asteroid lain yang melepaskan lapisan batuannya dan meninggalkan inti logam kosong yang telah terdeteksi saat ini. 

Studi spektroskopi dan pengamatan radar menunjukkan bahwa permukaannya mengandung 95 persen nikel dan besi, komposisi yang mirip dengan inti bumi. Menurut Dr Linda Elkins-Tanton, ilmuwan luar angkasa di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Dia telah menghitung bahwa besi di 16 Psyche saja akan bernilai 10.000 kuadriliun dolar AS. 

Dengan asumsi pasar material asteroid ada di Bumi, hal ini dapat menyebabkan nilai logam mulia anjlok, sehingga mendevaluasi seluruh kepemilikan termasuk milik pemerintah, dan semua perusahaan yang terlibat dalam penambangan, distribusi, dan perdagangan komoditas tersebut.

 

Pada akhirnya, hal ini dapat menyebabkan keruntuhan perekonomian secara keseluruhan. Tentu saja semua ini bersifat spekulatif dan hipotetis, karena meskipun batu luar angkasa itu bernilai mendekati uang sebanyak itu, namun tidak mudah untuk membawanya kembali ke Bumi dan saat ini tidak ada rencana untuk melakukannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement