Ahad 15 Oct 2023 09:12 WIB

Atasi Dampak Kekeringan, Begini Kecanggihan Truk Basarnas

Truk dilengkapi teknologi tinggi dan peralatan lain yang menghasilkan air bersih.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Kantor SAR Surabaya mengerahkan satu unit truk canggih untuk membantu penanggulangan dampak kekeringan yang terjadi di Dusun Srening, Desa Banjar, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang./  Ilustrasi
Foto: ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Kantor SAR Surabaya mengerahkan satu unit truk canggih untuk membantu penanggulangan dampak kekeringan yang terjadi di Dusun Srening, Desa Banjar, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang./ Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kantor SAR Surabaya mengerahkan satu unit truk canggih untuk membantu penanggulangan dampak kekeringan yang terjadi di Dusun Srening, Desa Banjar, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi, menjelaskan, truk canggih bernama water treatment truck tersebut dilengkapi teknologi tinggi dan peralatan tambahan yang dapat menghasilkan air bersih. "Berfungsi untuk mengolah air yang kotor menjadi air bersih yang dapat digunakan warga," kata Hariyadi, Ahad (15/10/2023).

Baca Juga

Hariyadi mengatakan, truk canggih tersebut bertugas dua hari membantu mencukupi kebutuhan air masyarakat Jombang, yakni mulai 13 hingga 14 Oktober 2023. Ia menambahkan, diterjunkannya truk tersebut sebagai respon permintaan bantuan penyaluran air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan.

Dalam pelaksanaannya, Hariyadi melanjutkan, tim dari Kantor SAR Surabaya bekerja sama dengan tim BPBD Kabupaten Jombang mengambil air dari Sungai Gunting. Pertimbangannya karena Sungai Gunting merupakan sumber air yang layak dan dekat dengan Dusun Srening.

Air Sungai Gunting disedot masuk ke dalam mesin water treatment yang ada di truk. Setelah diolah dengan menggunakan teknologi reverse osmosis, air sungai berubah menjadi air bersih, dan siap didistribusikan kepada warga yang membutuhkan.

Hariyadi mengatakan, pendistribusian air bersih hasil olahan water treatment truck ini dilakukan dengan dua cara. Pertama, didistribusikan dengan menggunakan truk tangki air milik BPBD Kabupaten Jombang, dan kedua, langung didistribusikan pada warga yang datang ke lokasi. "Beberapa warga Dusun Srening menyatakan kebahagiaan mereka atas bantuan air bersih yang diberikan. Air olahan tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement