Sabtu 14 Oct 2023 10:18 WIB

Gerhana Matahari Cincin Terjadi 14-15 Oktober, Ini Hal 'Aneh' yang Mungkin Terjadi

Beberapa hal tak biasa bisa terjadi ketika gerhana matahari.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Proses berlangsungnya gerhana matahari (ilustrasi). Ada beberapa hal unik tapi nyata yang terjadi ketika gerhana matahari.
Foto:

5. Mikroba terdampak

Mikroorganisme pun bisa rentan terhadap getaran aneh gerhana matahari. Sebuah studi tahun 2011 terhadap bakteri yang tumbuh di cawan petri laboratorium selama gerhana total di India menemukan bahwa mikroba menjadi lebih kecil dan berbentuk berbeda menjelang puncak gerhana. Namun, hasil ini belum direplikasi dalam situasi gerhana lain.

6. Bayangan aneh

Saat gerhana terjadi di atas kepala, sebagian besar mata akan tertuju ke langit. Namun luangkan waktu sejenak untuk melihat ke permukaan tanah. Sebab, bayangan yang dihasilkan oleh pepohonan dan objek lain yang menyebabkan efek "lubang jarum" akan berbintik-bintik seperti bulan sabit kecil. Selama puncak gerhana cincin, terlihat lingkaran cahaya kecil di mana-mana.

7. Bintang dan planet tampak di langit

Efek ini hanya muncul saat gerhana matahari total, sebab bulan menghalangi cukup banyak cahaya matahari sehingga bintang dan planet terlihat di langit. Namun, hanya bintang dan planet paling terang yang akan terlihat, dan bergantung pada posisi bumi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement