Kamis 12 Oct 2023 17:20 WIB

Ini Empat Aplikasi Curhat Daring di Play Store 

Curhat berlebihan di media sosial bisa menimbulkan respons negatif dari orang lain.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Seseorang menulis di laptop (ilustrasi). Ini dia empat aplikasi curhat yang dapat diunduh di Play Store.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Seseorang menulis di laptop (ilustrasi). Ini dia empat aplikasi curhat yang dapat diunduh di Play Store.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain untuk berkomunikasi dengan teman dan kerabat dekat, mempromosikan bisnis, mengunggah keseharian penggunanya, media sosial juga bisa digunakan sebagai tempat seseorang mencurahkan isi hatinya. Berbagi cerita di media sosial juga memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Bagi beberapa orang, curhat di media sosial dinilai dapat memberikan ketenangan atas masalah yang menimpanya. Menurut Kepala Unit Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Dipa (UNDIPA) Makassar Erfan Hasmin, mendapat respons atau masukan dari orang lain bisa membuat seseorang lebih tenang, nyaman, dan terhindar dari stres. 

Baca Juga

Namun, terlampau berlebihan dalam curhat juga tidak bagus bagi orang tersebut. Curhat berlebihan di media sosial bisa menimbulkan respons negatif dari orang lain yang bisa berdampak terhadap kondisi mental di penderita. 

Lalu, adakah pilihan aplikasi lain bagi orang-orang yang merasa tidak memiliki tempat untuk curhat? Republika.co.id mencari aplikasi curhat dengan kata kunci “aplikasi curhat online gratis” di Play Store.

Berikut temuan aplikasi curhat daring tersebut. 

1. Riliv 

Aplikasi kesehatan mental ini memiliki rating 4,7 di Play Store. Riliv memiliki fitur untuk menceritakan masalah kita dengan psikolog. 

Menurut laman Riliv, ada beragam pilihan ruang aman sesuai kenyamanan dan kebutuhan penggunanya. Yaitu, Chat, Call, dan Video Call. 

Jika pengguna Riliv memilih pilihan Chat, maka sesi konseling dengan psikolog dilakukan  melalui metode chat. Sedangkan Call berarti pengguna Riliv mengikuti sesi konseling melalui metode call dengan psikolog.

Untuk pilihan Video Call, sesi konseling melalui metode panggilan video dengan psikolog. Seseorang dapat melakukan konseling dengan menggunakan nama samaran.

Di informasi Pertanyaan yang Sering Diajukan disebutkan pihak Riliv (baik admin atau Psikolog) melindungi nama pengguna atau nama samaran akan selalu aman Bersama Riliv.

2. Gabut- Chat dan Curhat

Aplikasi Gabut-Chat dan Curhat memiliki rating 3,5 di Play Store. Dalam keterangan yang ditampilkan Gabut-Chat dan Curhat di Play Store, seseorang bisa berbagi curahan hati secara nyaman dengan post yang unik. 

Tak hanya itu, kita juga bisa memberikan saran ke curhatan orang lain. Kemudian, seseorang juga bisa berbincang-bincang dengan sesama Gabuters.

Nama Gabuters adalah sebutan seseorang yang menggunakan aplikasi ini. Selain itu, seseorang juga dapat membaca atau membagikan cerita di Thread. 

Kemudian, Teman Curhat adalah....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement