Kamis 12 Oct 2023 12:11 WIB

Google Dorong Pengguna Pakai Passkey, Apa Fungsinya?

Passkey adalah cara yang lebih baik untuk melindungi akun pengguna.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google mendorong pengguna untuk mengadopsi Passkey, karena ini merupakan alternatif yang lebih aman dan nyaman daripada kata sandi konvensional.
Foto: AP Photo/Michel Euler
Google mendorong pengguna untuk mengadopsi Passkey, karena ini merupakan alternatif yang lebih aman dan nyaman daripada kata sandi konvensional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Google saat ini sedang aktif mendorong pengguna untuk memanfaatkan fitur Passkey saat mereka login ke akun mereka. Ini merupakan pendekatan baru untuk mengakses aplikasi dan situs web, yang dianggap lebih aman dan praktis daripada metode konvensional dengan kata sandi.

Dalam unggahan terbaru di blog Google, perusahaan ini menekankan bahwa Passkey adalah cara yang lebih baik untuk melindungi akun pengguna daripada kata sandi yang sering kali rentan.

Baca Juga

Dengan Passkey, pengguna tidak perlu lagi mengandalkan kata sandi yang seringkali terlalu mudah ditebak, seperti nama hewan peliharaan, tanggal lahir, atau kombinasi yang mudah dipecahkan seperti "password123". Sebaliknya, Passkey memungkinkan pengguna untuk masuk ke aplikasi dan situs web dengan cara yang lebih canggih, serupa dengan membuka kunci perangkat mereka. Ini berarti mereka dapat menggunakan metode autentikasi seperti sidik jari, pemindaian wajah, atau PIN kunci layar.

Dilansir GIZChina pada Kamis (12/10/2023), Passkey adalah kredensial kriptografi yang memenuhi spesifikasi FIDO Alliance dan digunakan untuk mengautentikasi pengguna saat mengakses layanan digital. Metode autentikasi tanpa kata sandi ini sering melibatkan penggunaan pengenalan wajah atau pemindaian sidik jari untuk mengidentifikasi pengguna. Pendekatan ini membantu mengurangi risiko akun diretas melalui pencurian kata sandi atau serangan rekayasa sosial, sambil membuat proses login lebih cepat dan ramah pengguna.

Passkey terdiri dari sekumpulan kunci, yaitu kunci publik yang digunakan untuk mendaftarkan situs web atau aplikasi, dan kunci pribadi yang disimpan di perangkat pengguna. Setelah pengguna mendaftar Passkey, mereka dapat menggunakannya untuk masuk ke berbagai layanan website dengan satu klik, menggunakan berbagai fungsi biometrik seperti sidik jari, pemindaian mata, dan kode PIN.

Google mendorong pengguna untuk mengadopsi Passkey, karena ini merupakan alternatif yang lebih aman dan nyaman daripada kata sandi konvensional. Passkey telah terbukti tahan terhadap serangan daring seperti phishing, sehingga lebih aman daripada metode otentikasi lainnya seperti kode satu kali SMS.

Google telah mengamati bahwa sejak diperkenalkan, lebih dari 2 persen pengguna menganggap Passkey lebih mudah digunakan daripada metode tradisional. Pengguna melaporkan bahwa proses masuk dengan Passkey lebih cepat sekitar 40 persen dibandingkan dengan kata sandi konvensional.

Proses pengaturan Passkey sangat mudah dan dapat diakses melalui g.co/passkeys. Pengguna dapat mengikuti langkah-langkah sederhana untuk mengatur Passkey mereka. Untuk akun Google Workspace, administrator dapat mengaktifkan opsi Passkey bagi pengguna akhir saat login.

Namun, perlu dicatat bahwa pengguna tetap memiliki pilihan untuk menggunakan kata sandi biasa untuk masuk ke akun Google dengan mematikan opsi "Lewati kata sandi jika memungkinkan".

Passkey menawarkan beberapa keunggulan, seperti tingkat keamanan yang lebih tinggi, penggunaan autentikasi dua faktor, dan kenyamanan dalam penggunaan. Namun, terdapat juga beberapa kendala, termasuk kompatibilitas terbatas dengan beberapa perangkat dan aplikasi, serta kemungkinan kehilangan atau lupa membawa kunci fisik. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement