Kamis 12 Oct 2023 08:27 WIB

Deretan Negara yang Ramai-Ramai Pulangkan Warganya dari Palestina-Israel

Sejumlah negara mengatur penerbangan sewaan dan skema repatriasi warganya

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Beberapa negara telah mempersiapkan pemulangan warga negaranya dari Palestina dan Israel.
Foto: AP Photo/Hatem Moussa
Beberapa negara telah mempersiapkan pemulangan warga negaranya dari Palestina dan Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Beberapa negara telah mempersiapkan pemulangan warga negaranya dari Palestina dan Israel. Berikut ini adalah daftar pemerintah yang telah mengatur penerbangan sewaan dan skema repatriasi untuk membantu warganya meninggalkan wilayah tersebut.

AUSTRALIA

Baca Juga

Australia menyediakan dua penerbangan khusus untuk membawa kembali warganya dari Israel pada Jumat (13/10/2023) dan Ahad (15/10/2023). Rencana ini diumumkan oleh Perdana Menteri Anthony Albanese pada Rabu (11/12/2023).

AUSTRIA

Austria mengatakan, angkatan bersenjatanya mulai mengevakuasi warga Austria dari Israel pada Rabu. Sebuah pesawat angkut dengan kapasitas sekitar 60 penumpang lepas landas dari pangkalan udara Horsching di Austria Hulu menuju Siprus. Dari sana, warga Austria akan dijemput dari Israel.

KANADA

Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly pada Selasa (10/10/2023), Kanada berencana mengoperasikan penerbangan evakuasi bagi warganya yang terdampar di Israel. Menurut Pusat Urusan Israel dan Yahudi, sekitar 1.000 warga Kanada di Israel ingin meninggalkan wilayah tersebut.

SIPRUS

Sebuah komite kementerian Siprus mengaktifkan skema repatriasi yang dikenal sebagai Estia. Program ini menawarkan akomodasi sementara dan bantuan kepada warga negara Uni Eropa dan negara ketiga yang melarikan diri dari wilayah krisis.

Pejabat penerbangan mengatakan, 11 penerbangan masuk dan keluar tambahan ke Israel telah diatur pada Senin (9/10/2023). Ini termasuk jadwal repatriasi sekitar 150 jamaah Siprus dari Israel pada Senin.

REPUBLIK CEKO

Menteri Luar Negeri Ceko Jan Lipavsky membawa 34 warga Ceko kembali dari Israel bersamanya dengan pesawat pemerintah setelah singgah di negara tersebut sekembalinya dari konferensi di Oman.

Negara itu tidak menutup kemungkinan akan mengirimkan penerbangan repatriasi lagi ke Israel. Lipavsky tiba di Israel pada Selasa dan mendarat di Praha pada Rabu pagi.

DENMARK

Pemerintah Denmark menyediakan pesawat kargo C-130 Hercules yang dapat membawa sekitar 120 penumpang untuk mengevakuasi warganya. Kementerian Luar Negeri Denmark mengatakan, penerbangan itu tidak akan dilakukan sebelum Jumat.

FINLANDIA

Finlandia akan menawarkan untuk mengevakuasi warganya dan pemegang izin tinggal permanen Finlandia dari Israel dan wilayah pendudukan di  Palestina.

PRANCIS

Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna mengatakan, akan ada penerbangan khusus Air France untuk membantu pemulangan warga negara Prancis pada Kamis.

JERMAN

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman pada Rabu, sebanyak 5.000 warga negara Jerman telah mendaftar untuk meninggalkan Israel. Lembaga tersebut tidak dapat mengonfirmasi berapa banyak warga negara yang telah meninggalkan Israel sejauh ini.

Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock mengatakan pemerintah mengevakuasi 17 kelas sekolah dari Israel. Lufthansa akan melakukan penerbangan khusus untuk membawa warga negara Jerman di Israel kembali ke Jerman pada Kamis dan Jumat.

ISLANDIA

Kementerian Luar Negeri Islandia mengatakan pada akhir pekan lalu, sebuah pesawat dengan 126 warga Islandia, lima warga Faroe, empat warga Norwegia, dan 12 orang dari Jerman, serta awak penerbangan dan perwakilan dari kementerian itu berangkat ke Keflavik. Pesawat itu  mendarat pada Senin pagi. Juru bicara kementerian luar negeri mengatakan penerbangan itu disewa dan dibiayai oleh negara Islandia.

Negara lain yang siapkan skema repatriasi....

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement