Kamis 12 Oct 2023 03:31 WIB

Anda Merasa Alami Gangguan Kesehatan Mental? Cek Gejalanya Ini

Salah satu cara mengetahui kesehatan mental diri harus melalui bantuan profesional.

Kesehatan mental (ilustrasi). Ada beberapa masalah kesehatan mental yang hingga kini masih menjadi PR di Indonesia.
Foto: Dok www.freepik.com
Kesehatan mental (ilustrasi). Ada beberapa masalah kesehatan mental yang hingga kini masih menjadi PR di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG---Gangguan kesehatan mental memiliki gejala yang berbeda-beda seperti depresi, kecemasan berlebihan, halusinasi, hingga kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri atau percobaan bunuh diri.

"Jika memiliki beberapa gejala-gejala yang mengganggu produktivitas sehari-hari agar secepatnya mendatangi fasilitas layanan kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga

Dirinya berharap masyarakat jangan sampai mendiagnosis diri sendiri dengan gangguan kesehatan mental tertentu setelah hanya membaca dari internet.

"Segera datangi atau cari bantuan dari profesional yang memang ahlinya. Salah satunya, dapat mengunjungi RSUD Kota Tangerang. Sehingga, dapat diketahui apa penyebab sebenarnya dan tindakan yang tepat untuk penanganannya," ujarnya.

Sebab, tak sedikit orang yang secara fisik terlihat bugar tetapi kesehatan psikisnya terganggu. Salah satu cara mengetahui kesehatan mental diri tentu harus melalui bantuan profesional.

RSUD Kota Tangerang, lanjutnya, memiliki layanan poli jiwa untuk menangani dan memeriksa masyarakat yang memiliki gangguan kesehatan mental.

Masyarakat juga tidak perlu ragu atau takut untuk memeriksakan kesehatan mentalnya kepada tenaga kesehatan profesional yang ada di RSUD Kota Tangerang.

"Kesehatan psikis sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Jadi, jangan abai dengan kesehatan psikis," ujarnya.

Oleh karena itu, masyarakat diharap dapat lebih memperhatikan kesehatan mental diri sendiri, keluarga, dan kerabat terdekat. Selain itu, memeriksakan kesehatan mental di RSUD Kota Tangerang juga dapat menggunakan BPJS Kesehatan.

"Silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan di Kota Tangerang sesuai dengan lokasi wilayah tempat tinggal," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement