Senin 09 Oct 2023 19:41 WIB

Jangan Salah Kostum, Cek Prakiraan Cuaca Selasa

Hujan ringan diperkirakan mulai mengguyur Jakarta.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
BMKG memperkirakan cuaca di Jakarta masih didominasi cerah pada pagi hari, Selasa (10/10/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
BMKG memperkirakan cuaca di Jakarta masih didominasi cerah pada pagi hari, Selasa (10/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu cerah pada pagi hari, Selasa (10/10/2023). Sementara itu, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan cerah berawan.

Bergeser ke siang hari, cuaca Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur diperkirakan akan berawan. Lalu,  cuaca Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan cerah berawan, sementara Jakarta Selatan diperkirakan akan hujan ringan. 

Baca Juga

Di laman BMKG tertulis peringatan dini, yang berisi “Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dari sore hingga malam hari”. 

Pada malam hari, cuaca Jakarta Barat dan Jakarta Pusat diperkirakan akan tetap berawan.  Cuaca Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan berubah menjadi berawan pada malam hari. Sedangkan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan akan terjadi hujan petir. 

Hujan ringan diperkirakan akan terjadi di Jakarta Barat pada dini hari. Cuaca di Jakarta Pusat diperkirakan akan berawan pada dini hari. 

Sama seperti Jakarta Barat, hujan ringan diperkirakan juga akan terjadi di Jakarta Timur dini hari. Sedangkan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu tetap berawan pada dini hari. 

Prakiraan suhu dan kelembaban juga berbeda-beda di setiap daerah. Jakarta Barat diperkirakan akan bersuhu 24-33 derajat Celcius dengan perkiraan kelembaban 60-90 persen. Jakarta Pusat diperkirakan akan bersuhu 26-32 derajat Celcius dengan perkiraan kelembaban 65-90 persen. 

Selanjutnya, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan akan memiliki suhu dan kelembaban yang sama. Yaitu, 25-34 derajat Celcius dengan kelembaban  55-90 persen. Terakhir, Jakarta Utara diperkirakan akan bersuhu 26-32 derajat Celcius dengan perkiraan kelembaban 65-90 persen dan Kepulauan Seribu bersuhu 27-28 derajat Celcius dengan perkiraan kelembaban 80-85 persen. 

Sedangkan untuk daerah sekitar DKI Jakarta, BMKG juga menuliskan peringatan dini. Yaitu, “Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi relatif singkat antara siang hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Bekasi, Kota Depok, Kab Cianjur, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Bandung, Kab Garut, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Majalengka dan Kab Kuningan. Waspada pula terhadap potensi peningkatan kecepatan angin di sebagian wilayah Jawa Barat.”

Cuaca di Kota Bogor diperkirakan akan cerah berawan pada pagi hari, hujan ringan pada siang hari, hujan ringan pada malam hari dan berawan pada dini hari. Diperkirakan suhunya 21-29 derajat Celcius dengan perkiraan kelembaban 55-92 persen. 

Sama seperti Kota Bogor, cuaca di Depok diperkirakan akan cerah berawan pada pagi hari, hujan ringan pada siang hari, hujan ringan pada malam hari, dan berawan pada dini hari  dengan perkiraan suhu 23-33 derajat Celcius dan perkiraan kelembaban 50-90 persen. 

Cuaca Bekasi diperkirakan akan cerah berawan pada pagi hari, hujan sedang pada siang hari, hujan ringan pada malam hari, dan berawan pada dini hari. Perkiraan suhu 24-33 derajat Celcius dan perkiraan kelembaban 55-90 persen. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement