Jumat 06 Oct 2023 07:07 WIB

NASA Minta Dibuatkan Lemari Pendingin Bulan, Seperti Apa Bentuknya?

Lemari pendingin bulan harus mampu menahan berbagai kekuatan fisik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Penampakan bulan (ilustrasi). Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengeluarkan permintaan untuk desain lemari pendingin bulan.
Foto: juno/nasa
Penampakan bulan (ilustrasi). Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengeluarkan permintaan untuk desain lemari pendingin bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengeluarkan permintaan untuk desain lemari pendingin bulan. Lemari pendingin bulan ini diyakini dapat dengan aman menyimpan bahan-bahan yang diambil dari bulan selama misi Artemis yang direncanakan. 

Menurut permintaan informasi (RFI) yang diunggah ke situs web kontraktor federal SAM.gov, penggunaan utama lemari pendingin adalah untuk mengangkut sampel ilmiah dan geologi dari bulan ke Bumi. Sampel-sampel ini, menurut postingan tersebut, akan dikumpulkan selama program Artemis. 

Baca Juga

Namun, postingan tersebut juga menyatakan bahwa lemari pendingin bulan dapat digunakan untuk menyimpan dan mengangkut sampel biologis atau fisiologis manusia yang dikumpulkan selama misi, mungkin untuk menganalisis bagaimana penerbangan luar angkasa ke bulan memengaruhi astronaut. Dalam RFI, NASA menulis bahwa mereka ingin lemari pendingin bulan siap pada akhir tahun 2027, untuk diluncurkan dengan misi Artemis 5 yang direncanakan.

Dilansir Space, Kamis (5/10/2023), untuk melakukan perjalanan panjang kembali ke Bumi dari permukaan bulan, lemari pendingin bulan harus dapat diangkut dengan kendaraan, fasilitas, dan pesawat ruang angkasa yang akan digunakan oleh astronaut Artemis di masa depan. Ini termasuk penjelajah bulan masa depan, habitat bulan apa pun, Sistem Pendaratan Manusia (HLS), modul kru Orion, dan pos terdepan bulan Gateway. Yang terakhir adalah stasiun luar angkasa terencana yang akan tetap mengorbit mengelilingi bulan. 

Anda mungkin penasaran, seperti apa bentuk lemari bulan? Lemari pendingin bulan harus mampu menahan berbagai kekuatan fisik yang ditemui selama peluncuran dan pendaratan, seperti getaran dan guncangan. Volume total bagian dalam lemari pendingin bulan yang dingin harus tidak kurang dari 25x25x66 cm. Total sistem harus berbobot kurang dari 55 kg. Sampel yang disimpan harus mampu mempertahankan suhu minus 85 Celsius selama minimal 30 hari.  

Lemari pendingin yang direncanakan NASA selanjutnya harus memiliki tampilan onboard yang dapat digunakan kru Artemis untuk memantau dan mengontrol modul, serta konektivitas internet nirkabel dan kabel yang bersama-sama dapat menyediakan telemetri ke kendaraan Artemis dan stasiun bumi di Bumi. Terakhir, lemari pendingin bulan harus mampu mencatat data tentang suhunya, kesehatannya secara keseluruhan, serta kapan (dan berapa lama) pintunya dibuka. 

Lemari pendingin bulan direncanakan debut pada Artemis 5. Artemis 5 akan menjadi misi ketiga dalam program Artemis. 

Hal ini akan melibatkan penempatan sepatu manusia di bulan, jika semuanya berjalan sesuai rencana, meskipun ini bukan pertama kalinya dalam program ini. Artemis 3 akan menandai kembalinya manusia pertama ke bulan sejak tahun 1972, dan saat ini direncanakan untuk diluncurkan pada tahun 2025. Artemis 4 dan Artemis 5 diproyeksikan akan diluncurkan masing-masing pada tahun 2028 dan 2029. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement